Iran Harus Berjuang Keras untuk Menembus Fase Gugur

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 20:24 WIB
Iran Harus Berjuang Keras untuk Menembus Fase Gugur Timnas Iran menjadi negara Asia pertama yang memastikan tiket Piala Dunia 2018. (Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Iran menjadi tim Asia pertama yang memastikan lolos ke Piala Dunia 2018, yakni pada 12 Juni 2017. Team Melli juga tercatat sebagai negara ketiga yang memastikan bermain di Rusia 2018 setelah tuan rumah Rusia dan Brasil.

Piala Dunia bukanlah hal baru bagi Iran. Tercatat mereka sudah berpartisipasi dalam putaran final sebanyak empat kali yaitu pada 1978, 1998, 2006, dan 2014.

Timnas Iran baru meraih satu kemenangan di putaran final Piala Dunia.Timnas Iran baru meraih satu kemenangan di putaran final Piala Dunia. (Jason Reed)
Mantan asisten pelatih Manchester United dan manajer Real Madrid, Carlos Queiroz, yang menangani Iran sejak 2011 akan mencoba meraih hasil lebih baik lagi ketimbang sebatas menjadi kontestan fase grup di putaran final Piala Dunia 2014.


Selain mengandalkan pemain-pemain dari klub lokal macam Esteghlal, Persepolis, Sepahan, dan Zob Ahan, timnas Iran juga memiliki pemain yang berlaga di Eropa. Ashkan Dejagah (Nottingham Forest), Sardar Azmoun (Rubin Kazan), dan Reza Ghoochannejhad (Heerenveen).

Di Piala Dunia 2018, Timnas Iran berada di Grup B bersama Maroko, Portugal, dan Spanyol.

Iran Harus Berjuang Keras untuk Menembus Fase Gugur
(nva)