Sejak Merdeka Kroasia Eksis di Piala Dunia

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 18/04/2018 20:33 WIB
Sejak Merdeka Kroasia Eksis di Piala Dunia Kroasia harus berjuang melalui babak play-off untuk memastikan tiket ke Piala Dunia Rusia 2018. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Jakarta, CNN Indonesia --
Setelah mendeklarasikan kemerdekaan pada 1991, Kroasia menjadi salah satu negara yang eksis di Piala Dunia.

Tidak dapat berpartisipasi di Amerika Serikat 1994, Kroasia kemudian menjadi salah satu negara langganan di putaran final Piala Dunia. Tim berjuluk Vatreni hanya gagal di kualifikasi Piala Dunia 2010.
Prestasi terbaik mereka adalah menyabet peringkat ketiga dalam Piala Dunia 1998. Setelah menunjukkan kejutan di Perancis, Kroasia selalu gagal lolos dari fase grup pada tiga edisi Piala Dunia selanjutnya.

Luka Modric menjadi salah satu pemain penting di timnas Kroasia.Luka Modric menjadi salah satu pemain penting di timnas Kroasia. (REUTERS/John Sibley)
Langkah ke Piala Dunia 2018 dipastikan setelah keberhasilan menundukkan Yunani 4-1 dalam laga play-off kualifikasi zona Eropa.
Luka Modric dan Ivan Rakitic yang menjadi motor di Real Madrid dan Barcelona bisa menjadi kreator permainan Kroasia di Piala Dunia. Keberadaan Ivan Perisic, Mateo Kovacic, dan Mario Mandzukic dapat membuat Kroasia masuk dalam kategori tim kuda hitam.

Sejak Merdeka Kroasia Eksis di Piala Dunia



(nva)