Sirkuit Sentul Segera Direnovasi Demi MotoGP Indonesia 2020

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 18/04/2018 16:18 WIB
Sirkuit Sentul Segera Direnovasi Demi MotoGP Indonesia 2020 Sirkuit Sentul akan direnovasi demi bisa menggelar MotoGP 2020. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sirkuit Internasional Sentul akan mulai direnovasi pada pertengahan tahun ini agar dapat menyelenggarakan MotoGP Indonesia pada 2020.

Kepastian itu diungkapkan Direktur PT Sarana Sirkuitindo Utama, Tinton Soeprapto, bersama Manajer Sirkuit Internasional Sentul Ananda Mikola saat berkunjung ke Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (18/4) siang.

Mereka bertemu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Basuki Hadimuljono untuk membicarakan Indonesia Grand Prix (GP) 2020.


Tinton memuji Presiden Joko Widodo beserta jajarannya yang senantiasa mendukung penyelenggaraan ajang tersebut. Tinton mengatakan renovasi Sirkuit Internasional Sentul akan selesai pada 2019 sehingga bisa menyelenggarakan MotoGP Indonesia pada 2020.

Upaya Indonesia bisa menggelar MotoGP pernah dilakukan pada 2017 lalu, termasuk bertemu dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.Upaya Indonesia bisa menggelar MotoGP pernah dilakukan pada 2017 lalu, termasuk bertemu dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta (tengah). (ANTARA FOTO/HO-Kemenpora)
"Start [renovasi] pertengahan tahun ini mulai dari jalur sirkuit, lingkungan di sekitar, sarana dan pra-sarana. Pak Basuki akan bantu [perbaikan] jalan di sekitarnya agar tidak macet. Pintu keluar tol tetap pakai yang sudah ada, hanya akan ada banyak loket tiket dan pemetaan parkir yang bagus," kata Tinton.

"Kantong-kantong parkir di [sirkuit] luar negeri juga menggunakan 'tetangga-tetangga' atau area-area yang ada di sekitar sirkuit. Penginapan juga jadi hidup, pemerintah juga bisa nikmati. Sirkuit akan mulai dibangun pada pertengahan tahun sesudah Pilkada," sambung Tinton.

Sirkuit Sentul Direnovasi Demi MotoGP Indonesia 2020
Lebih lanjut Tinton mengatakan MotoGP Indonesia merupakan mimpi anak bangsa. Ajang MotoGP Indonesia bisa mengangkat martabat bangsa dan menjadi sumber devisa.

"Ini pesta rakyat, kami harapkan [MotoGP Indonesia] 2020 bisa terwujud. Mengenai finansial, sudah terjamin. Kalau belum, kami belum berani datang ke sini. Dengan perpanjangan tangan Pak Presiden [Joko Widodo], ini luar biasa," ucap Tinton.

Menurut Tinton Soeprapto Sirkuit Sentul akan mulai direnovasi mulai pertengahan tahun ini.Menurut Tinton Soeprapto Sirkuit Sentul akan mulai direnovasi mulai pertengahan tahun ini. (M. Arby Rahmat)
Sebelumnya Jokowi mengunjungi Sirkuit Sentul pada 6 Maret lalu. Setelah kunjungan tersebut, dikatakan Moeldoko, Jokowi memberikan arahan untuk bisa ditindaklanjuti rencana renovasi Sirkuit Sentul dengan catatan semua biaya dari pihak swasta murni.

Lihat juga:
Marquez Dalam Ancaman Fan Rossi di MotoGP Amerika
"Tapi nanti kami lihat hal-hal berkaitan kepentingan publik seperti apa. Pak Tinton mengatakan sudah mendapatkan mitra strategis. Intinya, kami mulai. Kalau tidak, kapan lagi? Tidak boleh mundur," ujar Moeldoko.Pemerintah Indonesia sendiri melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga [Kemenpora] sudah memiliki kesepakatan awal dengan Dorna selaku pengelola MotoGP untuk menggelar MotoGP Indonesia. (sry/har)