Ulang Tahun ke-88, PSSI Fokus Pembinaan Pelatih dan Wasit

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 19/04/2018 02:31 WIB
Ulang Tahun ke-88, PSSI Fokus Pembinaan Pelatih dan Wasit PSSI berharap perbaikan kualitas pelatih dan wasit membawa dampak positif di masa depan. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekjen PSSI Ratu Tisha mengatakan tantangan terberat PSSI pada usia yang ke-88 adalah di area pembinaan.

Sebagai induk organisasi olahraga terpopuler di Indonesia, kinerja PSSI selalu diawasi oleh publik. Prestasi tim nasional hingga kompetisi domestik jadi tolok ukur kesuksesan kepengurusan PSSI.

Namun bagi Tisha, ada hal dasar yang harus dibenahi sehingga sepak bola Indonesia punya pondasi kuat untuk masa depan, yaitu pembinaan wasit dan pelatih melalui peningkatan kualitas instruktur pelatih dan wasit.


"Kami memulai pembangunan sepak bola Indonesia dari pembinaan instruktur pelatih. Bayangkan, ini adalah suatu fondasi yang menjadi akar permasalahan sepak bola Indonesia selama ini. PSSI harus benar-benar bekerja keras," ucap Tisha.

"Hal yang sama juga terjadi dalam perwasitan. Bukan pada area pengembangan wasitnya, kami harus mengembangkan dari instrukturnya. Saat ini kami tertinggal jauh dari negara lain, itu harus kami akui," ucapnya melanjutkan.

Tisha sadar hasil dari program pembinaan instruktur pelatih dan wasit tidak akan langsung terasa dalam waktu dekat. Namun pekerjaan rumah ini wajib diselesaikan demi masa depan sepak bola indonesia yang lebih baik.

PSSI berharap perbaikan kualitas di level pelatih dan wasit bisa membawa dampak besar di masa depan.PSSI berharap perbaikan kualitas di level pelatih dan wasit bisa membawa dampak besar di masa depan. (Foto: Dok. PSSI)
"Harapannya PSSI tumbuh lebih dewasa, sepenuhnya memberikan yang terbaik. Untuk masayarakat Indonesia, berikan PSSI waktu dan kepercayaan. Itu saja," ujar Tisha.

"Yakinlah kami ada di jalur yang benar. Kami harus memulai dari bawah dan kami harus bersabar," katanya menambahkan.

Sementara itu Wakil Ketua sekaligus Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono berharap agar seluruh pengurus dan anggota PSSI bisa menyongsong usia baru dengan penuh optimisme.
PR PSSI di Ulang Tahun ke-88
"Cucuran keringat dari semua menandakan tekad dan keinginan sepak bola Indonesia berprestasi," tutur Joko. (ptr)