Ibrahimovic Bisa Kacaukan Timnas Swedia di Piala Dunia 2018

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Kamis, 19/04/2018 18:54 WIB
Ibrahimovic Bisa Kacaukan Timnas Swedia di Piala Dunia 2018 Zlatan Ibrahimovic dinilai bisa rusak kolektivitas timnas Swedia. (REUTERS/ Michael Dalder)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kiper timnas Swedia Karl-Johan Johnsson menilai kehadiran Zlatan Ibrahimovic bisa mengacaukan permainan Swedia di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Belakangan wacana kembali Ibrahimovic ke timnas Swedia jadi sorotan. Johnsson justru tak setuju bila striker Los Angeles Galaxy yang kini berusia 36 tahun itu kembali ke timnas Swedia yang sudah solid.

Kiper berusia 28 tahun itu mengklaim kembalinya Ibra akan merusak keseimbangan permainan timnas Swedia yang lebih mengandalkan kolektivitas. Sementara gaya permaian Ibra cenderung individualistis.


Meski demikian, Johnsson menyerahkan keputusan Ibrahimovic kepada pelatih.

Ibrahimovic Bisa Kacaukan Timnas Swedia di Piala Dunia 2018
"Terserah pelatih apakah akan membawa Ibra atau tidak [ke Piala Dunia 2018]. Kami bermain di babak kualifikasi dan berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 tanpa dia [Ibra], dan saya pikir kami bisa bermain baik di Piala Dunia 2018 tanpa Ibra," kata Johnsson kepada Main Oppose dilansir dari ESPN.

Zlatan Ibrahimovic kembali bersinar bersama LA Galaxy.Zlatan Ibrahimovic kembali bersinar bersama LA Galaxy. (USA TODAY Sports/REUTERS/Robert Hanashiro)
"Tapi seperti yang saya bilang, saya serahkan kepada pelatih, saya yakin apabila benar-benar bergabung, Ibra akan bermain baik. Sebagai tim, kami bermain dengan kolektivitas tim. Dengan Zlatan, sebagai pemain dia individualis."

"Tentu akan berbeda ketika Anda bermain dengan pemain seperti Zlatan, Cristiano [Ronaldo] atau [Lionel] Messi di dalam tim, karena mereka pemain kelas dunia dan Anda harus memainkan pemain tersebut untuk memenangkan pertandingan dan bermain dengan cara yang khusus," Johnsson menambahkan.

Zlatan Ibrahimovic tinggalkan MU demi satu tempat di Piala Dunia 2018.Zlatan Ibrahimovic tinggalkan MU demi satu tempat di Piala Dunia 2018. (Reuters/Carl Recine)
Ibrahimovic telah memutuskan pensiun dari karier internasional setelah Piala Eropa 2016. Menjelang Piala Dunia 2018, ia beberapa kali mengungkapkan keinginannya untuk kembali tampil bersama timnas Swedia.

Dalam sebuah wawancara dengan sebuah acara televisi beberapa waktu lalu, Ibra bahkan menyebut Piala Dunia tanpa Ibrahimovic bukanlah Piala Dunia sesungguhnya.

"Ya, saya akan menuju Piala Dunia 2018. Piala Dunia tanpa saya bukanlah Piala Dunia," tegas Ibra.

Swedia sendiri tergabung dalam Grup F bersama Korea Selatan, Meksiko, dan juara bertahan Meksiko. Di pertandingan pertama Swedia akan menghadapi Korea Selatan di Stadion Nizhny Novgorod pada 18 Juni. (cup/jun)