Di Natale Ciptakan 55 Umpan pada Laga Terakhir di Piala Dunia

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Jumat, 20/04/2018 17:14 WIB
Di Natale Ciptakan 55 Umpan pada Laga Terakhir di Piala Dunia Antonio Di Natale pertama dan terakhir tampil di Piala Dunia pada 2010.(AFP PHOTO/ARIS MESSINIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Antonio Di Natale menjadi pemain yang berhasil mencatatkan 55 umpan pada laga terakhirnya bersama timnas Italia saat melawan Slovakia di fase grup Piala Dunia 2010.

Alih-alih membutuhkan kemengan besar untuk melaju ke fase gugur, Italia malah tersungkur 2-3 dari Slovakia. Di Natale hanya mampu membuat satu gol dan gagal mengantarkan Italia lolos ke babak 16 besar. Satu gol Italia lainnya diciptakan Fabio Quagliarella pada masa injury time.

Berdasarkan statistik resmi Piala Dunia 2010, Di Natale terakhir berhasil melepaskan 55 umpan atau total 62 persen operan sukses. Legenda Udinese itu juga berhasil mencetak satu gol memanfaatkan assist Quagliarella.


Marcelo Lippi pelatih timnas Italia di Piala Dunia 2010.Marcelo Lippi pelatih timnas Italia di Piala Dunia 2010. (AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)
Mungkin itu jadi salah satu gol yang tak terlupakan di sepanjang karier Di Natale. Sebab, Piala Dunia 2010 merupakan kesempatan pertama dan terakhir bagi Di Natale untuk membela Italia di turnamen sepak bola terakbar tersebut.

Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan jadi salah satu momen terburuk untuk sepak bola Italia. Setelah menjuarai Piala Dunia 2006, Gli Azzurri justru harus puas angkat koper lebih cepat sejak fase grup .

Di Natale Ciptakan 55 Umpan pada Laga Terakhir di Piala Dunia
Italia hanya mampu bermain imbang di dua laga sebelumnya saat berhadapan Paraguay dan New Zealand. Kedua pertandingan Italia sama sama berakhir 1-1.

Tiga laga tanpa kemenangan membuat Italia tersingkir setelah finis sebagai juru kunci Grup F dan harus merelakan Paraguay dan Slovakia lolos ke babak 16 besar.

Di Natale berusia 30 tahun bersama De Santics dan Gianluca Zambrotta saat 2010, menjadikan dirinya pemain tertua setelah Fabio Cannvaro (34) di skuat Italia.

Setelah Piala Dunia 2010, Di Natale diberi kesempatan untuk membela Italia di ajang Piala Eropa tahun 2012. Ia mencatat satu gol dan hanya mampu mengantar Italia sebagai runner up usai dikalahkan Spanyol di partai puncak. (syr/jun)