Messi dan Iniesta Sama-sama Koleksi 31 Gelar di Barcelona

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Minggu, 22/04/2018 13:25 WIB
Messi dan Iniesta Sama-sama Koleksi 31 Gelar di Barcelona Lionel Messi dan Andres Iniesta memiliki jumlah gelar yang sama di Barcelona. (Reuters/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi dan Andres Iniesta sama-sama mengoleksi 31 gelar bersama Barcelona setelah menjuarai Copa del Rey 2017/2018 dengan mengalahkan Sevilla 5-0, Sabtu (21/4) waktu setempat.

Baik Messi dan Iniesta memainkan peran yang vital di posisinya masing-masing dalam perjalanan Barcelona selama satu dekade terakhir.

Total keduanya mengumpulkan delapan gelar Liga Spanyol, tujuh Piala Super Spanyol, empat trofi Liga Champions, lima Copa del Rey, tiga Piala Super Eropa, dan tiga Piala Dunia Antarklub.


Kini dengan torehan 31 gelar, Iniesta dan Messi masih menjadi pemain dengan koleksi gelar terbanyak bersama Balugrana. Di bawah keduanya ada Gerard Pique dengan 26 trofi bersama Sergio Busquets dan Xavi Hernandez dengan 25 trofi.

Lionel Messi dan Andres Iniesta sama-sama mencetak gol ke gawang Sevilla di final Copa del Rey.Lionel Messi dan Andres Iniesta sama-sama mencetak gol ke gawang Sevilla di final Copa del Rey. (REUTERS/Susana Vera)
Menurut situs resmi Barcelona, selain enam nama di atas tidak ada lagi pemain yang memiliki lebih dari 20 gelar bersama Barcelona. Nama-nama seperti kiper Marc-Andre Ter Stegen memiliki gelar yang sama dengan Ivan Rakitic serta Luis Suarez (10 gelar).

Sementara, pemain belakang Sergi Roberto menyamai legenda Barcelona lainnya, Carlos Busquets, Guillermo Amor, dan Pep Guardiola dengan 19 titel juara.

Messi dan Iniesta Sama-sama Koleksi 31 Gelar di Barcelona
Selain bertambahnya rekor bagi Messi dan Iniesta, gelar Copa del Rey musim ini juga menjadi spesial bagi Pique serta Busquets. Karena, dengan memiliki 26 trofi, berarti Pique dan Busquets sukses melewati rekor gelar yang dimiliki legenda Blaugrana, Xavi.

Torehan gelar Sergi Roberto menyamai capaian legenda Barcelona seperti Pep Guardiola.Torehan gelar Sergi Roberto menyamai capaian legenda Barcelona seperti Pep Guardiola. (REUTERS/Jon Nazca)
Gelar pemain-pemain tersebut bisa kembali bertambah sebelum musim ini berakhir. Barcelona hanya perlu memenangi pertandingan Liga Spanyol melawan Deportivo La Coruna pada Senin (30/4) untuk memastikan gelar juara musim ini.

Kepastian itu didapat setelah pesaing terdekat tim asuhan Ernesto Valverde itu, Atletico Madrid, kalah 0-3 dari Real Sociedad pada Jumat (20/4).

Dengan begitu, gelar yang dimiliki Messi serta Iniesta bisa menjadi 32, Pique dan Busquets menjadi 27, Sergi Roberto menggenapkannya menjadi 20 gelar, sedangkan Ter Stegen, Rakitic, dan Suarez dengan 11 gelar. (har)