Kemenpora Desak PSSI Tunjuk Pelatih Timnas Indonesia U-19

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 23/04/2018 15:57 WIB
Kemenpora Desak PSSI Tunjuk Pelatih Timnas Indonesia U-19 Timnas Indonesia U-19 belum memiliki pelatih selepas Bima Sakti dipanggil kembali ke Timnas Indonesia U-23. (AFP PHOTO / KIM DOO-HO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta PSSI segera menunjuk pelatih Timnas Indonesia U-19 yang akan mengikuti Piala AFF dan Piala Asia pada tahun 2018.

Setelah tidak memperpanjang kontrak Indra Sjafri pada akhir tahun lalu, Timnas Indonesia U-19 tidak punya pelatih.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 Bima Sakti sempat menggantikan Indra Sjafri dan mendampingi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan ketika beruji tanding menghadapi Timnas Jepang U-19 akhir Maret lalu.


Namun Bima tidak lama menjabat posisi pelatih di tim yang pernah memiliki julukan Garuda Nusantara itu karena harus kembali mendampingi Luis Milla.

Bima Sakti pernah menjabat posisi pelatih Timnas Indonesia U-19.Bima Sakti pernah menjabat posisi pelatih Timnas Indonesia U-19. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Kemenpora mendesak PSSI segera menentukan pelatih karena akan menghadapi Piala AFF pada bulan Juli dan Piala Asia pada bulan Oktober hingga November.

"Tempo hari Bima Sakti digantikan lagi supaya lebih fokus ke Timnas Indonesia U-23. Harusnya sekarang itu sudah ditetapkan (siapa pelatih Timnas Indonesia U-19)," kata Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto kepada CNNIndonesia.com, Senin (23/4).

Gatot mengatakan sempat menanyakan perihal pelatih Timnas Indonesia U-19 kepasa Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu. Kala itu, sebut Gatot, Joko menjawab akan secepatnya menentukan.

Kemenpora Desak PSSI Tunjuk Pelatih Timnas Indonesia U-19
"Karena terus terang waktunya sudah pendek sekali. Mereka punya perhitungan Bima Sakti tidak layak untuk menangani itu [Timnas Indonesia U-19] tapi siapanya [pengganti] belum."

"Melalui kesempatan ini, saya mengimbau kepada PSSI untuk segera mengumumkan siapa pelatih baru Timnas Indonesia U-19. Kalau saya ketemu PSSI saya juga akan ingatkan kembali," ujar Gatot.

Lanjut Gatot, sebetulnya ada beberapa stok nama pelatih yang bisa dipercaya menangani Timnas Indonesia U-19 dan tinggal menunggu PSSI menunjuk dan menyebut nama.

"Ini waktu sudah mepet jangan cari [sosok pelatih] yang ideal sekali. Cari yang sudah tahu chemistrynya. Kecuali kalau punya budget tinggi," terangnya. (nva/bac)