Riko Simanjuntak Ciptakan Tiga Assist Krusial untuk Persija

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Selasa, 24/04/2018 22:56 WIB
Riko Simanjuntak Ciptakan Tiga Assist Krusial untuk Persija Riko Simanjuntak mencetak lima assist pada fase grup Piala AFC 2018. (CNN Indonesia/Andri Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Riko Simanjuntak menciptakan tiga assist saat Persija Jakarta menghadapi Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar dalam pertandingan terakhir Grup H Piala AFC 2018, Selasa (24/4).

Mantan pemain Semen Padang tersebut tidak banyak menampilkan aksi menggiring bola sambil melewati pemain lawan dalam laga tersebut seperti yang kerap terlihat pada pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Menjalani laga tandang di Stadion Jalan Besar, Singapura, Persija dibebani target meraih tiga poin demi tiket ke fase gugur. Macan Kemayoran akhirnya pulang dengan kemenangan 4-2 atas Tampines di laga krusial itu.


Ismed Sofyan dan kawan-kawan tampil berani dengan pressing yang cukup tinggi. Namun mereka tidak mudah mencetak gol ke gawang Tampines.

Aksi pemain-pemain sayap Persija tetap menjadi tumpuan dalam laga ini. Rezaldi Hehanusa, Novri Setiawan, dan Riko Simanjuntak bergantian berupaya menembus pertahanan wakil Singapura itu.

Riko Simanjuntak mencetak tiga assist ketika Persija menang 4-2 atas Tampines Rovers.Riko Simanjuntak mencetak tiga assist ketika Persija menang 4-2 atas Tampines Rovers. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Baru memasuki menit ke-23 umpan Riko Simanjuntak dari sayap kanan diselesaikan Rezaldi. Riko kembali mengulang hal serupa menjelang babak pertama usai. 

Dengan kecepatannya, pemain 26 tahun itu berhasil mengejar bola dan membawa si kulit bundar ke kotak penalti. Umpan tarik mendatarnya memudahkan Marko Simic mencetak gol kedua untuk Persija, sekaligus membuat Macan Kemayoran unggul 2-1.

Riko Simanjuntak Ciptakan Tiga Assist Krusial untuk Persija
Aksi Riko dalam membagi bola kembali terlihat pada proses gol ketiga Persija. Sebuah serangan balik cepat dan efektif yang dibangun anak asuh Stefano Cugurra berhasil membongkar pertahanan Tampines.

Riko berhasil membawa bola dari daerah permainan Persija dan membuat situasi di depan kotak penalti Tampines menjadi empat lawan dua.

Riko, Simic, Ramdani, dan Novri berhadapan dengan dua pemain bertahan Tampines. Simic dan Ramdani yang membuka pertahanan membuat bingung bek-bek tuan rumah. Riko kemudian memberi bola kepada Novri yang datang dari belakang.

Selain tiga assist di laga terakhir fase grup, Riko juga membukukan assist di laga pertama menghadapi Tampines pada 28 Februari kepada Simic.

Satu assist Riko lainnya tercipta ketika Persija mengalahkan Johor Darul Ta'zim empat gol tanpa balas. Lagi-lagi assistnya ditujukan untuk Simic. (sry)