Salah Cetak Dua Gol, Liverpool Menang 5-2 Atas AS Roma

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 03:39 WIB
Salah Cetak Dua Gol, Liverpool Menang 5-2 Atas AS Roma Mohamed Salah mencetak dua gol dan memberikan dua assist untuk kemenangan 5-2 Liverpool atas Roma. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool meraih modal penting dengan mengalahkan AS Roma 5-2 dalam leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (24/4) waktu setempat.

Kedua tim bermain hati-hati pada awal-awal pertandingan. Baik Liverpool maupun Roma sama-sama memainkan bola-bola panjang.

Saat laga berjalan dua menit, kedua tim masing-masing sudah melepaskan satu tembakan ke gawang. Roma memulai percobaan melalui Kevin Strootman, sementara Liverpool melalui Mohamed Salah.


Hingga pertengahan babak pertama, I Giallorossi konsisten bermain dengan bola-bola panjang saat menyerang Liverpool. Skema serangan tim tamu menekan dengan umpan-umpa lambung dari sisi kanan dan kiri ke depan kotak penalti lawan, meski akhirnya bisa diantisipasi lini belakang Liverpool.

Tim asuhan Eusebio Di Francesco sempa memiliki percobaan gol lainnya melalui Kolarov. Mantan pemain Manchester City itu melepaskan tendangan keras kaki kiri yang gagal diantisipasi Karius, beruntung bola hanya membentur mistar gawang. menit ke-18.

Edin Dzeko memberikan AS Roma gol tandang dengan sumbangan satu golnya.Edin Dzeko memberikan AS Roma gol tandang dengan sumbangan satu golnya. (REUTERS/Phil Noble)
The Reds sebenarnya bisa saja unggul lebih dulu pada menit ke-28 jika Sadio Mane bisa memanfaatkan peluang yang didapatnya. Setelah menerima umpan dari rekannya, Mane melakukan solo run hingga ke depan gawang Roma. Namun, setelah berhadapan dengan Alisson, tendangan mantan pemain Southampton itu justru melayang di atas gawang lawan.

Pada menit ke-34, Liverpool sempat mencetak gol melalui Mane. Namun gol itu dianulir wanit lantaran Mane lebih dulu terperangkap offside.

Penantian Liverpool untuk unggul lebih dulu tercipta pada menit ke-36 melalui kaki kiri Salah. Setelah menerima bola dari Firmino, Salah melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh Roma yang tidak bisa dijangkau Alisson. Untuk menghormati mantan klubnya itu, Salah tidak melakukan selebrasi usai mencetak gol.

Salah kembali mencetak gol kedua untuk Liverpool pada menit ke-45+1 berkat serangan balik cepat yang membuat Liverpool unggul 2-0 di babak pertama setelah mendapat assist dari Firmino.

Meski unggul 2-0, pemain-pemain Liverpool tidak mengendurkan serangannya. Tuan rumah seperti ingin unggul lebih jauh guna mendapat posisi aman untuk leg kedua di kandang Roma.

Liverpool sukses menambah gol mereka dalam laga kali ini melalui Sadio Mane menit ke-56 setelah mendapat umpan Salah dari sisi kiri. Menariknya, kali ini Salah berselebrasi, berbeda dengan ketika mencetak dua gol sebelumnya untuk Liverpool. Ketika Mane membobol gawang Roma, dengan tiba-tiba Salah bereaksi mengangkat kedua tangannya.

Dukungan penuh fan Liverpool tidak sia-sia karena tim kesayangannya menang dengan skor 5-0 atas Roma.Dukungan penuh fan Liverpool tidak sia-sia karena tim kesayangannya menang dengan skor 5-2 atas Roma. (Reuters/Carl Recine)
Firmino kembali membuat Anfield bergemuruh pada menit ke-61 setelah mencetak gol keempat Liverpool. Pemain asal Brasil itu tidak kesulitan membobol gawang Alisson setelah menerima umpan dari Salah.

Tertinggal empat gol membuat konsentrasi pemain Roma buyar. Pemain-pemain Roma dengan mudah kehilangan bola dan kesulitan membangun serangan.

Pada menit ke-69 Firmino mencetak gol keduanya dalam laga ini usai memanfaatkan tendangan sudut James Milner. Liverpool pun unggul jauh dengan skor 5-0.


AS Roma harus menunggu hingga 10 menit terakhir waktu normal untuk mencetak gol. Edin Dzeko membobol gawang Liverpool pada menit ke-81 usai menerima umpan Radja Nainggolan.

Tim tamu kembali memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 2-5 melalui gol penalti Diego Perotti menit ke-85. Penalti diberikan setelah bola dianggap mengenai tangan Milner. Pada menit-menit akhir permainan, Roma menekan pertahanan Liverpool.

Hingga wasit Felix Brych meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, Liverpool sukses mempertahankan skor tetap 5-2.

Susunan Pemain

Liverpool: Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain, Joran Henderson, James Milner; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

AS Roma: Alisson Becker; Federico Fazio, Kostas Manolas, Juan Jesus; Alessandro Florenzi, Daniele De Rossi, Kevin Strootman, Aleksandar Kolarov; Cengiz Under, Radja Nainggolan; Edin Dzeko. (sry)