Liverpool Kebobolan Usai Ganti Salah, Klopp Siap Disalahkan

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 16:08 WIB
Liverpool Kebobolan Usai Ganti Salah, Klopp Siap Disalahkan Mohamed Salah mencetak gol indah ke gawang AS Roma. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Liverpool Juergen Klopp menyatakan siap disalahkan orang-orang karena The Reds kebobolan usai mengganti Mohamed Salah di babak kedua.

Liverpool mengalahkan AS Roma 5-2 pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (24/4) malam waktu setempat.

Jordan Henderson dan kawan-kawan sempat unggul 5-0 dan berada di atas angin. Mohamed Salah dan Roberto Firmino masing-masing mengemas dua gol. Satu gol lagi dilesakkan Sadio Mane.


Memasuki 10 menit sisa laga, I Lupi berhasil mencetak dua gol yang diciptakan Edin Dzeko pada menit ke-81 dan Diego Perotti melalui tendangan penalti (85).

Roma mencetak dua gol ke gawang Loris Karius setelah Salah ditarik keluar Klopp. Pemain timnas Mesir itu digantikan Danny Ings pada menit ke-75.

Liverpool Kebobolan Usai Ganti Salah, Klopp Siap DisalahkanMohamed Salah dipuji setinggi langit oleh manajer Liverpool, Juergen Klopp. (Reuters/Carl Recine)
Banyak pula yang menilai tempo permainan Liverpool mulai mengendur setelah Salah ditarik ke luar. Klopp pun tak menampik performa timnya menurun sejak pertengahan babak kedua.

"Jika ada orang yang ingin mengatakan itu merupakan salah saya [Liverpool] kebobolan dua gol karena mengganti penyerang, saya menerimanya," ujar Klopp seperti dikutip dari situs resmi Liverpool.

Klopp lantas memuji penampilan Salah yang dinilainya sangat impresif dan membuat kontribusi besar bagi kemenangan The Reds.

Mantan pelatih Borussia Dortmund mengaku terkesima dengan gol pertama Liverpool ke gawang AS Roma yang dicetak Salah. Salah mencetak gol indah pada menit ke-36.

Liverpool Kebobolan Usai Ganti Salah, Klopp Siap Disalahkan
Bola tendangan Salah dari dalam kotak penalti bersarang ke pojok kanan atas gawang Alisson Becker setelah sempat membentur tiang jauh.

"Tentu saja ia memiliki pengaruh besar [terhadap Liverpool]. Gol pertama merupakan serangannya yang genius. Ia sering mencetak gol indah dan itu yang membuatnya semakin istimewa."

"[Gol] itu bukan sebuah kebetulan. Gol kedua berawal dari permainan yang brilian. Bobby [Roberto Firmino] bergerak di antara lini, berlari dan memberikan umpan [kepada Salah]. Ia [Salah] sangat tenang saat itu, kemudian menciptakan gol kedua," ucap Klopp.

Klopp mengakui Liverpool sangat tergantung pada Salah di laga lawan AS Roma. Di luar performa Salah, Klopp mengaku sejatinya masih banyak kekurangan yang diperlihatkan Liverpool di laga tersebut.

"Kami tidak lagi menampilkan permainan umpan-umpan sebaik sebelumnya. Kami kerap melepaskan tembakan di luar pertahanan terakhir [Roma] dan Mo [Salah] kerap berlari untuk [membantu] mereka semua [para pemain Liverpool]."

"Sejujurnya, itu tidak membantu kami jika ia [Salah] mengalami cedera. Itulah alasannya [Salah sangat impresif]. Ia pemain hebat," ujar pelatih asal Jerman itu. (ptr)