Mohamed Salah Mengejar Rekor Legenda Liverpool

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 04:55 WIB
Mohamed Salah Mengejar Rekor Legenda Liverpool Mohamed Salah berpeluang melewati rekor Ian Rush. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mohamed Salah kini tengah mengejar rekor milik legenda Liverpool, Ian Rush, usai mencetak dua gol ke gawang AS Roma di leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (24/4).

Tambahan dua gol itu membuat Salah total mengemas 43 gol bersama Liverpool di musim ini di semua kompetisi. Sebanyak 32 gol dia ciptakan di kompetisi domestik, sedangkan 11 lainnya di Liga Champions, termasuk babak kualifikasi.

Dikutip dari akun Twitter Sky Sports Statto, Catatan gol Salah tersebut hanya tertinggal empat gol dari Ian Rush yang mengemas 47 gol dalam satu musim kompetisi bersama The Reds pada 1983/1984.


Perbedaannya, 42 gol dikemas Ian Rush di kompetisi domestik. Sedangkan di Liga Champions, pria asal Wales itu hanya mencetak lima gol.

Lini depan Liverpool lebih tajam dibanding tim peserta Liga Champions lain di musim ini.Lini depan Liverpool lebih tajam dibanding tim peserta Liga Champions lain di musim ini. (REUTERS/Phil Noble)
Dengan kompetisi Liga Inggris yang masih menyisakan tiga pertandingan, dan Liverpool yang akan melakoni leg kedua semifinal Liga Champions, maka peluang Salah menambah golnya sangat besar.

Mohamed Salah Mengejar Rekor Legenda Liverpool
Namun dengan catatan, pemain asal Mesir itu selalu dimainkan manajer Juergen Klopp di laga tersisa. Atau minimal tidak mengalami cedera yang membuatnya absen dalam pertandingan Liverpool ke depan.

Dengan kemenangan 5-2 Liverpool di leg pertama, Salah juga bisa menyamai pencapaian Ian Rush pada 1983/1984 yang membawa Liverpool mencapai babak final dan menjuarai Liga Champions.

Ian Rush mencetak 47 gol bersama Liverpool di musim 1983/1984.Ian Rush mencetak 47 gol bersama Liverpool di musim 1983/1984. (AFP PHOTO / Glyn KIRK)
Mohamed Salah menjadi salah satu pemain fenomenal di musim ini. Pencapaiannya secara individu mendapat sorotan dari banyak pihak. Sekalipun, sampai dengan saat ini Salah belum mampu mengantarkan Liverpool meraih prestasi domestik di musim 2017/2018.

Torehan gol Salah saat ini juga menjadi yang terbanyak di liga top Eropa. Di bawah Salah ada bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (42 gol), striker Lazio Ciro Immobile (41), dan striker Barcelona Lionel Messi (40). (sry)