Bayern Munchen Ditahan Imbang Madrid 1-1 di Babak Pertama

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 02:34 WIB
Bayern Munchen Ditahan Imbang Madrid 1-1 di Babak Pertama Joshua Kimmich mencetak gol ke gawang Real Madrid pada menit ke-28. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bayern Munchen ditahan imbang Real Madrid 1-1 di babak pertama leg pertama semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Rabu (25/4).

Bayern Munchen langsung menekan Real Madrid di menit pertama. Striker Robert Lewandowski menyisir dari sisi kanan pertahanan Madrid, lalu mengirimkan umpan kepada Thomas Mueller yang ada di kotak penalti. Sayang, Mueller tidak dalam posisi yang tepat dan gagal memanfaatkan umpan Lewandowski.

Winger Munchen, Arjen Robben, harus mengakhiri pertandingan lebih awal karena cedera. Pemain asal Belanda itu ditarik keluar menit kedelapan dan digantikan Thiago Alcantara.


Madrid memberikan pengawalan ketat kepada pemain-pemain Munchen. Kubu tuan rumah pun tampak kesulitan mengembangkan permainan pada 10 menit pertama.

Hal serupa juga dilakukan Die Roten, sehingga pemain Madrid mudah kehilangan bola dan kerap melakukan pelanggaran untuk bisa menghentikan laju pemain Munchen.

Marcelo mencetak gol penyeimbang jelang babak pertama berakhir.Marcelo mencetak gol penyeimbang jelang babak pertama berakhir. (REUTERS/Michaela Rehle)
Di babak pertama ini FC Hollywood lebih memainkan permainan dengan bola-bola pendek dari kaki ke kaki dan membangun serangan secara perlahan. Sementara, Madrid lebih sering bermain dengan bola-bola pendek dikombinasikan dengan bola-bola panjang kepada Isco atau Cristiano Ronaldo untuk serangan balik cepat.

Pada menit ke-20, Ronaldo membuang peluang yang mungkin bisa berbuah gol. Setelah lolos dari jebakan offside, Ronaldo terlalu lama melepaskan bola yang akhirnya lebih dulu digagalkan Jerome Boateng.

Pertandingan ini sejatinya berjalan cukup membosankan. Tidak ada serangan berarti yang dimiliki kedua tim yang bisa membahayakan masing-masing lawan. Baik Munchen dan Madrid terlihat amat hati-hati saat menyerang.

Saat laga hampir berjalan setengah jam, bek kanan Munchen Joshua Kimmich memecah kebuntuan. Pemain berusia 23 tahun itu mencetak gol pada menit ke-28 usai menerima umpan James Rodriguez.

Setelah mendapat assist dari Rodriguez, Kimmich menggiring bola hingga ke kotak penalti Madrid. Sempat melihat posisi rekan-rekannya di kotak penalti Madrid, Kimmich akhirnya memutuskan menedang langsung bola ke arah gawang. Beruntung, tendangan kaki kanannya mengecoh Keylor Navas yang sudah mati langkah.

Setelah unggul 1-0, pemain-pemain Munchen tampak lebih berani memainkan bola. Franck Ribery dan kawan-kawan cukup santai memainkan umpan satu-dua di wilayah Madrid.

Robert Lewandowski sempat membuka peluang gol untuk Munchen di awal babak pertama.Robert Lewandowski sempat membuka peluang gol untuk Munchen di awal babak pertama. (AFP PHOTO / THOMAS KIENZLE)
Munchen sebenarnya berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-34. Sayangnya, Ribery gagal mengontrol bola dengan baik yang akhirnya bisa ditangkap Navas.

Tertinggal 0-1 membuat Madrid mulai bermain 'kotor'. Salah satunya Dani Carvajal yang menerjang keras Rafinha pada menit ke-38. Beruntung bagi Carvajal tidak mendapat kartu kuning dari wasit.

Menjelang berakhirnya babak pertama, tim tamu menyamakan kedudukan melalui sepakan kaki kiri Marcelo menit ke-44 setelah menerima bola dari Carvajal.

Bayern Munchen sempat mendapat peluang saat injury time. Tapi, hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap imbang 1-1 untuk kedua tim.

Susunan Pemain

Bayern Munchen: Sven Ulreich; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Mats Hummels, Rafinha; Arjen Robben, Thomas Mueller, Javi Martinez, James Rodriguez, Franck Ribery; Robert Lewandowski.

Real Madrid: Keylor Navas; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcello; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Lucas Vazquez, Cristiano Ronaldo, Isco. (sry)