Tampil Nyentrik Demi Dongkrak Semangat Timnas Indonesia

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 30/04/2018 23:41 WIB
Tampil Nyentrik Demi Dongkrak Semangat Timnas Indonesia Kurniawan berdandan unik ketika mendukung Timnas Indonesia menghadapi timnas Korea Utara, Senin (30/4). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak peduli Stadion Pakansari sepi penonton dalam pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Korea Utara, M. Kurniawan tetap tampil nyentrik.

Ia tampak segar berjalan dengan badannya yang kurus dan kulitnya yang hitam keriput, ketika CNNIndonesia.com tak sengaja melewatinya di lapangan parkir Stadion Pakansari. Tatapan laki-laki berusia 61 tahun itu begitu tajam demi mendukung tim kebanggaan.

Kurniawan berasal dari Jakarta, namun sekarang tinggal di Ciawi. Dia datang sendirian menggunakan mobil dengan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 30 kilometer.


"Saya masih setia nonton Timnas Indonesia sampai sekarang," kata pria yang mengaku mantan atlet maraton tersebut.

Kurniawan sengaja menggunakan berbagai atribut untuk mendukung Timnas Indonesia.Kurniawan sengaja membawa berbagai macam atribut untuk mendukung Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Selain hobi berlari, ia juga mengaku pernah bergabung dengan kesebelasan di era Galatama, Arseto Solo, bersama mantan penyerang Timnas Indonesia, Ricky Yacobi.

Kurniawan memiliki pandangan terhadap performa Timnas Indonesia yang akan berlaga di Asian Games. Menurut dia, permainan anak asuh Luis Milla sudah berkembang baik.

Kurniawan menjadi salah satu dari 7000 penonton yang hadir di Stadion Pakansari untuk mendukung Timnas Indonesia menghadapi Korea Utara.Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Kurniawan menjadi salah satu dari 7000 penonton yang hadir di Stadion Pakansari untuk mendukung Timnas Indonesia menghadapi Korea Utara.
"Penguasaan bola para pemain dari kaki ke kaki sudah baik. Hanya saja, penyelesaian akhir terkadang kurang baik karena emosi," katanya.

Untuk mendukung Timnas Indonesia, Kurniawan rela mengecat mukanya. Sisi kanan wajahnya dicat dengan warna merah, sedangkan sisi kiri warna putih.

Tampil Nyentrik Demi Dongkrak Semangat Timnas Indonesia
Rambutnya keriting dan mengenakan topi tentara berwarna hitam dengan tempelan bendera Indonesia di sebelah kanan. Penampilannya semakin mencolok dengan setelan kostum Timnas Indonesia, sepatu bola, dan bendera Merah Putih yang ia ikat di punggungnya.

"Saya begini agar pemain bola Timnas Indonesia semangat. Dan juga saya ingin Indonesia bisa mengikuti kejuaraan dunia," ucap Kurniawan.

"Untuk seluruh pendukung sepak bola Indonesia, mari semuanya bersatu. Kita satu tanah air, satu bahasa, aku cinta Indonesia," ucapnya menambahkan. (nva)