Timnas Indonesia Dihantui Kutukan Runner Up di Piala AFF

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 02/05/2018 19:17 WIB
Timnas Indonesia Dihantui Kutukan Runner Up di Piala AFF Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di babah penyisihan grup Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia harus melawan 'kutukan' sebagai spesialis runner-up yang selama ini melekat kuat di ajang Piala AFF.

Sejak kali pertama digelar pada 1996, pasukan Garuda hanya mampu mengoleksi lima gelar runner-up. Catatan ini membuat Indonesia sebagai tim terbanyak meraih gelar peringkat kedua di ajang ini.
Thailand jadi tim yang paling sering mengalahkan Indonesia di laga puncak. Dari total tiga pertemuan kedua tim di final Piala AFF, Indonesia selalu kalah dan harus puas meraih runner up.

Pada edisi terakhir, atau Piala AFF 2016, Indonesia berhasil lolos ke final. Namun, harus kembali menyerah saat berhadapan dengan Thailand.

Timnas Indonesia kini sedang fokus menatap Asian Games 2018.Timnas Indonesia kini sedang fokus menatap Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Timnas Indonesia yang kala itu dipimpin pelatih Alfred Riedl sempat membuka asa dengan memenangi leg pertama dengan skor 2-1, namun harus menyerah 0-2 pada leg kedua yang digelar di Bangkok.


Indonesia pun harus puas dengan gelar runner-up kelimanya usai kalah agregat 2-3 dari rivalnya Thailand.

Sementara Thailand berhasil mengoleksi lima gelar atau yang terbanyak di antara negara Asia Tenggara lainnya. Gelar perdana Thailand diraih pada 1996.

Timnas Indonesia Dihantui Kutukan Runner Up di Piala AFF
Kejuaraan ini masih bertajuk Piala Tiger dan digelar pertama kali di Singapura. Tim Gajah Perang sukses meraih trofi perdana usai mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 di partai puncak.

Dominasi Thailand dilanjutkan dengan raihan juara Piala AFF di tahun 2000, 2002, 2014, dan 2016. Pada edisi terakhir, Thailand sukses meraih gelar tertinggi usai mengalahkan Indonesia dengan agregat 3-2.

Timnas Indonesia kalah dari Thailand di laga final Piala AFF 2018.Timnas Indonesia kalah dari Thailand di laga final Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Thailand sudah terlibat dalam delapan laga final Piala AFF dengan catatan lima gelar juara dan tiga runner-up. Sementara pada edisi 1998 hanya mampu meraih posisi keempat.

Singapura berada di urutan kedua dengan total empat gelar Piala AFF. Trofi pertama Singapura diraih pada Piala AFF 1998 dilanjutkan pada 2004, 2007, dan 2012.

Sementara Malaysia dan Vietnam masing-masing mengoleksi satu gelar. Malaysia sukses menjuarai Piala AFF 2010, sementara Vietnam juara Piala AFF 2008.

Evan Dimas dan kawan-kawan diharapkan untuk mematahkan kutukan runner-up di Piala AFF 2018. Namun, sebelumnya tim Merah-Putih harus berjuang di Asian Games 2018 yang akan dihelat Agustus mendatang. (ptr)