Rossi dan Marquez 'Terpaksa' Berdamai di MotoGP Spanyol

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 03/05/2018 10:04 WIB
Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi diklaim harus terpaksa berdamai dengan juara bertahan MotoGP Marc Marquez sepanjang akhir pekan MotoGP Spanyol. Valentino Rossi akan lupakan perseteruan dengan Marc Marquez di MotoGP Spanyol. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi diklaim harus terpaksa berdamai dengan juara bertahan MotoGP Marc Marquez sepanjang akhir pekan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 4-6 Mei 2018.

Dikutip dari Don Balon, Rossi terpaksa melupakan perseteruan dengan Marquez di MotoGP Spanyol demi menghormati mendiang Angel Nieto. Legenda balap sepeda motor Grand Prix itu akan mendapat penghormatan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

Nieto meninggal pada 3 Agustus 2017 dan merupakan pebalap kedua tersukses di Grand Prix dengan 13 gelar juara dunia. Untuk menghormati pebalap kelahiran Zamora itu, Sirkuit Jerez akan berganti nama menjadi Sirkuit Angel Nieto.


Valentino Rossi ketika merayakan kemenangan ke-90 bersama Angel Nieto.Valentino Rossi ketika merayakan kemenangan ke-90 bersama Angel Nieto. (AFP PHOTO / Jean-François MONIER)
"Berdamai. Rossi berjanji untuk melupakan perang di luar sirkuit dengan Marquez untuk alasan yang lebih besar: Angel Nieto. Di Jerez akhir pekan ini, satu-satunya yang harus menang adalah Nieto."

"Nieto akan mendapat penghormatan di MotoGP Spanyol, sebuah aksi yang tidak boleh dibayang-bayangi oleh perseteruan pebalap. Tidak akan ada perseteruan Rossi dan Marquez, dua pebalap yang mencintai Nieto," tulis Don Balon.

Rossi dan Marquez 'Terpaksa' Berdamai di MotoGP Spanyol
Rossi punya hubungan yang cukup spesial dengan Nieto. Ketika Rossi memenangi MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans pada 2008, Nieto mengucapkan selamat karena Rossi menyamai catatan 90 kemenangan Grand Prix milik Nieto.

Ketika itu Nieto menghentikan Rossi di tengah sirkuit, mengambil alih sepeda motor, dan memboncengi The Doctor dan mengibarkan bendera 90 + 90 untuk melakukan perayaan.

Valentino Rossi harus melupakan sejenak perseteruan dengan Marc Marquez di MotoGP Spanyol.Valentino Rossi harus melupakan sejenak perseteruan dengan Marc Marquez di MotoGP Spanyol. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Sementara itu putra Nieto, Gelete, mengatakan MotoGP Spanyol akhir pekan ini akan terasa emosional bagi keluargnya. Gelete mengaku bangga dengan karier sang ayah.

"Ini akan menjadi akhir pekan yang tak terlupakan bagi keluarga Nieto. Suatu kebanggaan sirkuit terbaik di dunia menyandang nama ayah Anda," ucap Gelete.

Sebelumnya, tim MotoGP asal Spanyol Aspar sudah lebih dulu menghormati Nieto dengan mengganti nama dengan Angel Nieto MotoGP Team.

MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez bisa disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com pada Minggu (6/5) malam. (sry)