Rossi Resmi 'Keliling Dunia' Usai Lap 15 MotoGP Spanyol

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 03/05/2018 18:28 WIB
Juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi, akan menciptakan rekor unik pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5). Valentino Rossi kali terakhir menang di MotoGP Spanyol pada 2016. (AFP PHOTO / JORGE GUERRERO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi, akan menciptakan rekor unik pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5).

MotoGP Spanyol akan menjadi balapan ke-369 Rossi di ajang Grand Prix. Pebalap 39 tahun itu bisa menciptakan rekor unik saat tampil di Sirkuit Jerez pada balapan MotoGP Spanyol.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Rossi akan melalui menempuh jarak balapan Grand Prix setara dengan keliling ekuator bumi pada garis khatulistiwa sepanjang 40.075 kilometer.


Valentino Rossi memiliki hasil cukup bagus pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez.Valentino Rossi memiliki hasil cukup bagus pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. (AFP PHOTO / CRISTINA QUICLER)
Rossi akan mencapai jarak 40.075 kilometer sepanjang kariernya di ajang Grand Prix saat menyelesaikan lap ke-15 di MotoGP Spanyol. Total, Rossi akan menyelesaikan lap ke-8.730 setelah lap ke-15 balapan di Sirkuit Jerez.

Rossi harus menjalani 23 musim di ajang Grand Prix untuk bisa mencapai jarak keliling bumi. Sepanjang 23 musim itu The Doctor meraih 115 kemenangan dan 228 posisi podium Grand Prix.

Rossi Resmi 'Keliling Dunia' Usai Lap 15 MotoGP Spanyol
Balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez merupakan salah satu favorit Rossi. Pebalap asal Italia itu mengoleksi tujuh kemenangan di Sirkuit Jerez, dengan yang terakhir diraih pada musim 2016.

Musim lalu Rossi mengalami kesulitan di MotoGP Spanyol setelah sepeda motor M1 yang ditungganginya gagal tampil kompetitif. Memulai balapan dari posisi tujuh, Rossi hanya mampu finis di posisi 10.

Valentino Rossi sudah mengoleksi tujuh kemenangan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez.Valentino Rossi sudah mengoleksi tujuh kemenangan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. (REUTERS/Marcos Brindicci)
"Saya senang kembali ke Eropa. Sepeda motor M1 semakin meningkat dan kami tiba di Sirkuit Jerez, trek yang sangat penting untuk mengerti potensi kami. Jerez salah satu sirkuit yang sangat saya suka, saya mendapatkan sejumlah hasil bagus di sana," ujar Rossi dikutip dari situs resmi Movistar Yamaha.

Rossi memasuki balapan MotoGP Spanyol dengan berada di posisi tujuh klasemen sementara MotoGP 2018, tertinggal 17 poin dari pebalap Ducati Andrea Dovizioso.

Keseruan balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez akan disiarkan secara live streaming melalui CNNIndonesia.com pada Minggu (6/5) malam. (bac)