Resmi: Johann Zarco Pindah ke KTM Mulai MotoGP 2019

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 03/05/2018 16:47 WIB
Pebalap MotoGP asal Perancis, Johann Zarco, resmi menandatangani kontrak dengan KTM dan akan menjadi pebalap asal Austria itu di MotoGP 2019 dan 2020. Johann Zarco gagal menjadi pebalap tim pabrikan Yamaha. (REUTERS/Marcos Brindicci)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap MotoGP asal Perancis, Johann Zarco, resmi pindah ke KTM dan akan menjadi pebalap asal Austria itu di MotoGP 2019 dan 2020.

Pebalap Tech 3 Yamaha Johann Zarco sudah menjadi incaran KTM sejak lama. Juara dunia Moto2 musim 2015 dan 2016 itu merupakan pebalap jebolan Red Bull Rookies Cup yang merupakan sponsor utama KTM.

"Kami punya hubungan yang bagus dengan Zarco sejak Red Bull Rookies Cup. Kami mendukung dia Moto2 dan manajer tim KTM Moto3 Aki Ajo teman baik Zarco. Kami juga punya koneksi yang bagus dengan manajer Zarco, Laurent Fellon. Kepindahan Zarco berkat kerja keras semuanya," ujar Direktur Olahraga KTM Pit Beirer dikutip dari situs resmi MotoGP.


Johann Zarco gagal bergabung dengan Repsol Honda, Ducati, dan Yamaha.Johann Zarco gagal bergabung dengan Repsol Honda, Ducati, dan Yamaha. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Keberhasilan merekrut Zarco membuat KTM sudah memastikan dua pebalap untuk MotoGP 2019 dan 2020. Beberapa jam sebelum resmi mendapatkan Zarco, KTM juga sudah memperpanjang kontrak pebalap asal Spanyol Pol Espargaro.


Kepindahan Zarco ke KTM membuat Bradley Smith dipastikan meninggalkan tim musim depan. Pebalap asal Inggris itu dilepas KTM setelah terpuruk bersama tim asal Austria itu musim lalu.

Resmi: Johann Zarco Pindah ke KTM Mulai MotoGP 2019
Melalui akun Twitter miliknya, Zarco mengaku senang bisa bergabung dengan KTM. Pebalap 27 tahun itu menganggap KTM selalu punya tempat di hatinya.

"Karier saya akan berlangsung di mana semuanya dimulai, dari Red Bull Rookies Cup hingga memperebutkan gelar MotoGP. Anda mengerti, saya bergabung dengan KTM untuk dua tahun ke depan. Saya senang bisa bergabung dengan KTM, di mana kami punya ambisi yang sama," tulis Zarco.

Johann Zarco merebut empat posisi podium bersama Tech 3 Yamaha di MotoGP.Johann Zarco merebut empat posisi podium bersama Tech 3 Yamaha di MotoGP. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
Keputusan Zarco bergabung dengan KTM terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, Zarco sebelumnya sempat dihubungkan dengan kepindahan ke Repsol Honda dan Ducati.

Zarco semula berambisi menjadi pebalap tim pabrikan Yamaha. Tapi, ambisi itu harus dikubur setelah Movistar Yamaha memperpanjang kontrak Valentino Rossi dan Maverick Vinales hingga 2020.

Zarco juga sempat dikabarkan menjadi incaran Repsol Honda untuk diduetkan dengan Marc Marquez. Namun, Marquez dikabarkan mencegah kedatangan Zarco dan hanya ingin berduet dengan Dani Pedrosa.

Kepindahan Zarco ke KTM datang jelang MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5). Balapan MotoGP Spanyol bisa disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com. (jun)