Promosi Asian Games 2018 Dilakukan Hingga di Bioskop

Christie Stefanie & Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 04/05/2018 13:50 WIB
Promosi Asian Games 2018 Dilakukan Hingga di Bioskop Salah satu bentuk promosi Asian Games 2018 melalui pemasangan maskot di beberapa tempat. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan sejumlah langkah untuk mempromosikan ajang Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus mendatang.

Salah satunya adalah melakukan promosi di bioskop-bioskop di Indonesia. Hal itu dilakukan Kominfo guna memenuhi arahan Presiden Joko Widodo yang ingin gaung Asian Games 2018 yang tinggal 106 hari lagi bisa lebih menyebar ke seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai 'humas' pemerintah, Kominfo memiliki tugas mensosialisasikan Asian Games 2018 agar masyarakat Indonesia mengetahui adanya hajatan terbesar di tahun ini.


"Kami dari Kominfo untuk rencana sosialisasi Asian Games sudah beberapa hal yang kami lakukan. Di antaranya memasang sejumlah iklan layanan masyarakat di beberapa titik. Seperti memasang simbol Asian Games di depan gedung kantor kami dan di bioskop," kata Direktur Layanan Informasi Internasional Kominfo Bambang Gunawan kepada CNNIndonesia.com, Jumat (4/5).

Bekraf berharap kementerian dan lembaga negara lainnya ikut mempromosikan Asian Games 2018.Bekraf berharap kementerian dan lembaga negara lainnya ikut mempromosikan Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Bambang mengatakan penyebaran informasi terkait Asian Games sudah dilakukan pihaknya sejak tahun lalu. Sosialisasi itu terus dilakukan dengan menggelar kunjungan kerja ke Palembang, Sumatera Selatan, yang menjadi salah satu kota penyelenggara.

Kehadiran Kominfo di Palembang juga sekaligus untuk mendukung empat sukses yang diinginkan pemerintah dalam penyelenggaraan ajang multi cabang olahraga terbesar di Asia. Selain sukses prestasi, penyelenggaran, administrasi, Asian Games 2018 diharapkan bisa sukses ekonomi kerakyatan.

Salah satu cara yang dilakukan Kominfo yakni dengan memberikan informasi terkait destinasi wisata yang bisa dikunjungi para atlet dan masyarakat luas yang nantinya berkunjung ke Palembang. Seperti Jakabaring Sport City (JSC), Asrama Haji Sumatera Selatan yang memiliki replika kakbah dan tempat untuk sai, Al-Qur'an Al-Akbar, hingga Kampung Budaya Al-Muawar di tepian Sungai Musi.

Kominfo Pasang Simbol Asian Games 2018 di Bioskop
"Lebih luas lagi, Asian Games dimaksudkan untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat di Sumatera Selatan. Hal ini bisa dimanfaatkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk bisa mengangkat perekonomian daerah," jelas Bambang.

Sementara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf memastikan promosi Asian Games 2018 akan digencarkan agar tidak kalah populer dengan penyelenggaraan Pilkada serentak dan Piala Dunia 2018.

Kominfo Pasang Simbol Asian Games 2018 di BioskopPromosi Asian Games 2018 akan digencarkan hingga hari H. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Pelaksanaan Asian Games 2018 berdekatan dengan Pilkada dan Piala Dunia 2018. Asian Games dimulai pada 18 Agustus, sedangkan Pilkada pada 12 Juni dan Piala Dunia 2018 pada 14 Juni.

"Harus ada kiat tertentu agar penyelenggaraan acara itu (Pilkada dan Piala Dunia) tidak menutupi Asian Games. Bisa kami siasati agar Asian Games tidak tertutup," ujar Triawan di Kantor Presiden, Jumat (4/5).

Bekraf juga mengajak seluruh kementerian dan lembaga negara mempromosikan dengan mengisi materi Asian Games 2018 di banyak daerah Indonesia selain Jakarta dan Palembang.

"Terus menerus sampai 18 Agustus, mendengungkan, menaikkan demam Asian Games sehingga pengetahuan masyarakat lebih tinggi," tutur Triawan. (sry/har)