6 Fakta Menarik Usai Marquez Menang di MotoGP Spanyol

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 06/05/2018 22:57 WIB
6 Fakta Menarik Usai Marquez Menang di MotoGP Spanyol Marc Marquez sukses juara MotoGP Spanyol. (REUTERS/Jon Nazca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marc Marquez sukses jadi juara MotoGP Spanyol 2018 dan kemenangan itu mengantar pebalap Repsol Honda tersebut ke puncak klasemen untuk pertama kalinya musim ini.

Marquez sukses jadi pebalap tercepat di MotoGP Spanyol. Podium kedua di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5) diraih Johann Zarco dan podium ketiga direbut Andrea Iannone.

Marquez kini berada di posisi puncak klasemen MotoGP 2018 dengan mengoleksi 70 poin. Di peringkat kedua ada Zarco yang meraih 58 poin.


Berikut enam fakta menarik usai Marquez menang di MotoGP Spanyol:

1. Marc Marquez mencatat dua kemenangan beruntun setelah sebelumnya ia menjuarai MotoGP Amerika Serikat. Terakhir kali Marquez meraih dua kemenangan beruntun adalah pada MotoGP San Marino dan MotoGP Aragon musim lalu.

Marc Marquez berhasil berada di posisi teratas klasemen sementara MotoGP 201 usai menang di MotoGP Spanyol. (Marc Marquez berhasil berada di posisi teratas klasemen sementara MotoGP 201 usai menang di MotoGP Spanyol. (REUTERS/Jon Nazca)
2. Kemenangan di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5) merupakan kemenangan kedua dalam MotoGP Spanyol untuk Marc Marquez sepanjang kariernya. Sebelumnya Marquez jadi juara MotoGP Spanyol pada 2014.

3. Marc Marquez untuk pertama kalinya menjadi pemimpin klasemen MotoGP 2018. Sebelumnya, Andrea Dovizioso dua kali jadi pemuncak klasemen dan Cal Crutchlow sekali jadi pemimpin klasemen.

6 Fakta Menarik Usai Marquez Menang di MotoGP Spanyol
4. Marc Marquez kini mengoleksi 70 poin, lebih banyak 12 poin dari yang ia dapat musim lalu setelah menjalani empat seri awal MotoGP.

5. MotoGP Spanyol jadi seri dengan jumlah pebalap gagal finis terbanyak di MotoGP 2018 sejauh ini. Tercatat ada tujuh pebalap yang gagal finis yaitu Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, Dani Pedrosa, Alex Rins, Aleix Espargaro, Jorge Lorenzo,dan Thomas Luthi.

6. Alex Rins tiga kali gagal finis di empat seri perdana MotoGP 2018. Satu-satunya seri tempat ia berhasil finis adalah MotoGP Argentina ketika ia finis di posisi ketiga. (bac)