7 Kontroversi Laga El Clasico di Stadion Camp Nou

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Senin, 07/05/2018 06:15 WIB
7 Kontroversi Laga El Clasico di Stadion Camp Nou Luis Suarez sempat terlibat keributan dengan Sergio Ramos di laga El Clasico Barcelona vs Real Madrid. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duel El Clasico antara Barcelona menjamu Real Madrid yang berakhir imbang 2-2, juga menghadirkan sejumlah kontroversi pada pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (6/5) malam waktu setempat.

Pertandingan tetap berlangsung sengit meski laga itu sejatinya sudah tak lagi menentukan karena Barcelona meraih juara La Liga Spanyol.

Barca unggul lebih dulu pada menit ke-10 berkat gol Luis Suarez. Hanya berselang lima menit, Madrid menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol Cristiano Ronaldo.


Ronaldo memanfaatkan assist sundulan Karim Benzema setelah menerima umpan silang dari Toni Kroos.

Barcelona bermain dengan 10 pemain pada pengujung babak pertama lantaran kartu merah yang didapat Sergi Roberto karena memukul Marcelo pada menit ke-44.

7 Kontroversi El Clasico Barcelona vs Madrid di Camp NouSergi Roberto dapat kartu merah karena memukul Marcelo. (REUTERS/Albert Gea)
Meski bermain dengan 10 pemain, Blaugrana tetap bermain agresif menggempur pertahanan Madrid. Alhasil, Lionel Messi mampu mencetak gol pada menit ke-52 dan kembali membawa Barca unggul dengan skor 2-1.

Los Blancos baru bisa menyamakan skor menjadi 2-2 berkat gol Gareth Bale setelah menerima assist dari Marco Asensio.

Total empat gol, delapan kartu kuning, dan satu kartu merah, menjadi bumbu-bumbu panasnya duel El Clasico. Berikut juga sejumlah momen kontroversial pada laga dua raksasa Spanyol itu di Camp Nou:

7 Kontroversi El Clasico Barcelona vs Madrid di Camp Nou
1. Cristiano Ronaldo dinyatakan offside oleh wasit Alejandro Hernandez pada menit keenam setelah menerima umpan dari Marcelo. Dari tayangan ulang batas antara pemain tersebut offside atau tidak jika ditarik garis imajiner memang amat tipis.

2. Cristiano Ronaldo tampak sangat marah dan mengatakan sesuatu kepada Gerard Pique usai mencetak gol pada menit ke-15. Beberapa detik sebelum mencetak gol, Pique memang tampak menjegal pergelangan kaki Ronaldo sehingga ia kesakitan.

3. Gareth Bale menendang keras betis bek Barcelona, Samuel Umtiti, pada lima menit sisa laga babak pertama. Bale lolos dari kartu kuning. Ia baru mendapat kartu kuning pada menit ke-76 akibat pelanggaran keras terhadap Nelson Semedo.

4. Tak lama berselang, Sergi Roberto kedapatan memukul Marcelo di depan kotak penalti Real Madrid pada menit ke-44 karena kesal terus dijaga ketat pemain asal Brasil itu. Roberto pun mendapat kartu merah langsung dari wasit.

Gareth Bale menyelamatkan Real Madrid dari kekalahan di markas Barcelona. (Gareth Bale menyelamatkan Real Madrid dari kekalahan di markas Barcelona. (REUTERS/Albert Gea)
5. Lionel Messi menginjak kaki Sergio Ramos pada menit ke-45. Messi sepertinya terpancing emosinya setelah keributan yang dilakukan antara Ramos dengan rekan setim La Pulga, Luis Suarez, sebelum itu.

6. Gol kedua Barcelona yang dicetak Messi pada menit ke-52 juga disebut-sebut berbau kontroversi. Pasalnya sebelum Suarez melepas umpan ke Messi, ia tampak menjegal kaki kiri Raphael Varane sampai terjatuh untuk merebut bola.

7. Pada menit ke-76, Marcelo dijatuhkan oleh Jordi Alba di dalam kotak penalti. Namun, wasit tidak menganggap pelanggaran. Padahal dari tayangan ulang terlihat kaki Alba jelas sekali mengganjal kaki Marcelo hingga terjatuh dan seharusnya Madrid mendapatkan hadiah penalti. (bac)