Crutchlow: Marquez Sulit Menang MotoGP Jika Pakai Motor Saya

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Senin, 07/05/2018 08:33 WIB
Crutchlow: Marquez Sulit Menang MotoGP Jika Pakai Motor Saya Cal Crutchlow mengatakan Marc Marquez bakal sulit menang jika menunggangi motornya. (AFP PHOTO / Vincenzo PINTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cal Crutchlow kembali melontarkan komentar kontroversial yang menyatakan Marc Marquez tidak akan menang mudah jika menggunakan motor pebalap HRC Honda itu.

Komentar tersebut tampaknya untuk meluapkan kekesalannya terjatuh di MotoGP Spanyol Sirkuit Jerez, Minggu (6/5) siang waktu setempat.

Crutchlow mengalami kecelakaan pada tikungan pertama. Padahal, ia berhasil start terdepan setelah mencatatkan waktu terbaik di kualifikasi Sabtu (5/5).


"Saya rasa Marc [Marquez] bakal sulit menang jika memakai motor saya hari ini, tapi itu hanya opini saya," terang Crutchlow seperti dikutip dari Autosport.

"Ia bisa saja masih memiliki peluang besar untuk memenangkan balapan. [Tapi] saya mencoba memaksa, saya memiliki data, saya melihat setiap rekaman video di Texas [MotoGP Amerika Serikat] dan video di sini [Sirkuit Jerez]."

Marc Marquez sukses memenangi MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. (Marc Marquez sukses memenangi MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. (REUTERS/Jon Nazca)
Crutchlow mengeluhkan kondisi motornya jauh tidak ideal seperti yang ditunggangi Marquez sehingga ia mudah meraih podium di beberapa sirkuit.

"Marc tentu saja luar biasa hari ini dan Anda bisa lihat saya memiliki kecepatan bagus di akhir pekan ini, tapi ketika daya cengeram [ban] menurun, kami tidak memiliki kecepatan karena kami tidak memiliki perlengkapan yang sama."

"Saya tentu dilarang mengatakan lebih detail bagian mana [kekurangan di motor], tapi motor saya sangat bagus."

Crutchlow: Marquez Sulit Menang Jika Pakai Motor Saya
Marquez sendiri keluar sebagai juara MotoGP Spanyol setelah menempati posisi start kelima. Di peringkat kedua ditempati Johann Zarco, sedangkan podium ketiga diraih Andrea Iannone.

Bukan hanya Crutchlow yang mengalami kecelakaan, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Andrea Dovizioso juga saling tabrakan hingga terjatuh.

Berawal dari aksi Dovizioso menyalip Lorenzo di posisi kedua. Pebalap asal Spanyol tersebut berusaha menyalip kembali dari sisi dalam tikungan enam.

Tak lama kemudian, Pedrosa berusaha menyodok juga dari tikungan dalam ketika Lorenzo mulai melebar. Lorenzo pun berusaha menutup ruang bagi Pedrosa, namun terlambat.

Pebalap Repsol Honda itu keburu menabrak bagian belakang motor Ducati yang ditunggangi Lorenzo. Pebalap asal Spanyol itu terdesak ke kiri atau sisi luar tikungan dan menghantam Dani Pedrosa. Tiga pebalap itu pun terjatuh dan gagal finis. (nva)