Insiden MotoGP Spanyol, Dovizioso Salahkan Lorenzo-Pedrosa

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 07/05/2018 10:17 WIB
Insiden MotoGP Spanyol, Dovizioso Salahkan Lorenzo-Pedrosa Andrea Dovizioso gagal finis di MotoGP Spanyol karena insiden di lap ke-18. (AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Ducati Andrea Dovizioso menuding rekan satu tim, Jorge Lorenzo, dan pebalap Honda Dani Pedrosa sebagai biang kesalahan yang menyebabkan tiga pebalap itu mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol 2018.

Dovizioso, Lorenzo, dan Pedrosa yang sedang bersaing menempati peringkat kedua terjatuh di lap ke-18 pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5).

Pada tikungan keenam Dovizioso melebar dan Lorenzo berupaya menyalip dari sisi dalam. Namun, juara dunia MotoGP tiga kali itu bersenggolan dengan Pedrosa yang masuk di sisi dalam.


Lorenzo yang kehilangan keseimbangan kemudian menyenggol Dovizioso dan kedua pebalap terjatuh. Pedrosa juga terjatuh setelah sempat terpental ke udara.

Andrea Dovizioso menyalahkan rekan satu tim, Jorge Lorenzo, atas tabrakan di MotoGP Spanyol.Andrea Dovizioso menyalahkan rekan satu tim, Jorge Lorenzo, atas tabrakan di MotoGP Spanyol. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
"Saya rasa Pedrosa melakukan kesalahan besar karena dia berada di belakang kami [Dovizioso dan Lorenzo]. Dia masuk terlalu cepat. Jika Anda masuk terlalu cepat dan seseorang ada di depan Anda, karena kami yang ada di depan Pedrosa, maka kami yang menentukan jalurnya," terang Dovizioso dikutip dari Motorsport.

"Pedrosa berada di belakang. Dia bisa mengendalikan situasi dan dia mengambil keputusan untuk masuk, lebih cepat dari biasanya dan membuat kecelakaan, tentu saja dia membuat kesalahan," sambung runner-up MotoGP musim lalu.

Dovi Salahkan Lorenzo dan Pedrosa atas Insiden MotoGP Spanyol
Selain menyebut kesalahan Pedrosa, Dovizioso juga menjelaskan kesalahan Lorenzo yang sempat memimpin balapan MotoGP Spanyol.

"Di sisi lain Lorenzo tidak mengecek kondisi, dia tidak peduli dengan pebalap yang berada di belakangnya. Dia memotong jalur lebih cepat dan ingin segera menjauh secepat mungkin."

"Ini adalah campuran kesalahan [antara Pedrosa dan Lorenzo]. Tentunya Pedrosa Dani dan Jorge melakukan kesalahan," tegas Dovizioso.

Kecelakaan yang melibatkan Lorenzo, Dovizioso dan Pedrosa sempat diinvestigasi pihak MotoGP. Namun, usai balapan pihak FIM MotoGP Stewards memastikan tidak ada penalti yang diberikan atas insiden perebutan peringkat kedua MotoGP Spanyol itu. (har)