Bak Pasir Atletik untuk Asian Games 2018 Belum Direnovasi

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Selasa, 08/05/2018 02:30 WIB
Bak Pasir Atletik untuk Asian Games 2018 Belum Direnovasi Bak pasir atletik di SUGBK untuk Asian Games 2018 belum juga direnovasi. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bak pasir akan digunakan untuk cabang olahraga atletik di Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan belum juga direnovasi.

Sebelumnya delegasi teknik dari Asian Athletics Association (AA), Cuddy Kotta Valson, menilai bak pasir untuk nomor lompat jauh belum memenuhi standar karena letaknya terlalu mepet pagar pembatas. Kesalahan itu ditemukan saat test event Asian Games cabang olahraga (cabor) atletik digelar, Februari lalu.

Kondisi bak pasir yang terlalu mepet dengan pagar pembatas itu dianggap membahayakan atlet yang akan tampil nantinya. Sebab itu, Valson meminta agar INASGOC segera merenovasinya atau jika tidak nomor lompat jauh tidak diizinkan untuk digelar di SUGBK.


Direktur Venue Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Wisnu Wardhana kepada CNNIndonesia.com mengatakan pihaknya belum mendapatkan kabar terkait renovasi bak pasir di SUGBK untuk nomor lompat jauh. Namun, ia memastikan untuk segera menginformasikan proses renovasi tersebut.

"Belum tahu [soal renovasi bak pasir untuk nomor lompat jauh atletik di SUGBK]. Nanti saya infokan," kata Wisnu melalui pesan singkat, Senin (7/5).

Cabor atletik Asian Games 2018 bakal digelar di SUGBK. (Cabor atletik Asian Games 2018 bakal digelar di SUGBK. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Terpisah, Direktur Operasional Pusat Pengelola Kawasan (PPK) GBK Gatot Tetuko mengatakan renovasi yang dibutuhkan untuk SUGBK terkait bak pasir merupakan perubahan kecil yang masuk dalam renovasi minor. Ia memastikan, semua venue dalam kondisi baik dan siap pada saatnya nanti.

"Saat ini, SUGBK sedang fokus untuk pembukaan Asian Games. Untuk renovasi itu [bak pasir] sehari dikerjakan PU [Kementerian Pekerjaan Umum] selesai. Pasti dijamin, Asian Games beres," kata Gatot.

Soal renovasi, Gatot belum dapat memastikan soal nantinya bakal dibuat bak pasir temporer [sementara] atau permanen. Tapi, ia menyebut temporer paling memungkinkan karena waktu pengerjaannya bisa lebih cepat selesai.

Bak Pasir Atletik untuk Asian Games 2018 Belum Direnovasi
"Kami serahkan semua ke PU, biar yang mengatur PU. Kami tidak usah macam-macam, karena komandannya [renovasi GBK] itu ada di PU," ujarnya.

Hingga kini pembuatan bak pasir temporer itu belum juga dilakukan. Terlebih, waktu yang tersisa sampai upacara pembukaan Asian Games 2018 tinggal 104 hari lagi.

Selain untuk menjadi venue atletik, SUGBK juga bakal menjadi tempat digelarnya Upacara Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018. Cabor atletik akan digelar mulai 25-30 Agustus 2018 dengan memperebutkan 48 medali emas. (bac)