Salah Pembelian Terbaik, Bakayoko Terburuk di Liga Inggris

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Sabtu, 12/05/2018 10:44 WIB
Salah Pembelian Terbaik, Bakayoko Terburuk di Liga Inggris Mohamed Salah jadi pembelian terbaik di Liga Inggris musim ini. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Winger Liverpool Mohamed Salah menjadi pembelian terbaik di Liga Inggris musim ini, sedangkan gelandang Chelsea Tiemoue Bakayoko menjadi yang terburuk.

Direkrut dari AS Roma pada musim panas lalu seharga £35 juta (setara dengan Rp724 miliar), Salah menjadi salah satu tumpuan Liverpool di lini depan bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino.

Salah menyumbang 31 dari 80 gol yang dicetak Liverpool di Liga Inggris musim ini. Pemain yang pernah berkostum Chelsea itu juga membuat 10 assist.


Pada musim perdananya bersama The Reds, pemain asal Mesir itu sukses menunjukkan kepiawaiannya membobol gawang lawan. Selain mencetak 31 gol, Salah juga membantu Liverpool lolos ke final Liga Champions.

Peran krusial Salah semakin menonjol ketika Liverpool dengan mudah melepas Philippe Coutinho ke Barcelona pada Januari lalu. Salah pun akhirnya dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris musim ini versi PFA.

Tiemoue Bakayoko tidak bisa mengangkat prestasi Chelsea di Liga Inggris musim ini.Tiemoue Bakayoko (kanan) tidak bisa mengangkat prestasi Chelsea di Liga Inggris musim ini. (Reuters/John Sibley)
Kini, tugas terakhir salah di Liga Inggris hanya membawa tim asuhan Juergen Klopp tersebut lolos langsung ke Liga Champions musim depan.

Karena faktor-faktor tersebut, CNNIndonesia.com menempatkan Mohamed Salah sebagai pembelian terbaik di Liga Inggris musim ini. Di bawah Salah ada kiper Ederson Moraes yang sukses mengantarkan Manchester City menjadi juara.

Ederson melengkapi puzzle Pep Guardiola yang hilang dalam membangun kekuatan baru di Liga Inggris dan Eropa.

Salah Pembelian Terbaik Liga Inggris, Bakayoko Terburuk
Sementara, Tiemoue Bakayoko menjadi pembelian terburuk karena gagal mengangkat prestasi Chelsea. Usai menjadi juara musim lalu, The Blues kini menempati peringkat lima klasemen Liga Inggris dengan satu pertandingan tersisa.

Padahal kedatangan Bakayoko dari AS Monaco dengan banderol sekitar £40 juta (setara dengan Rp762 miliar) diharapkan bisa menjadi pengganti Nemanja Matic yang hengkang ke Manchester United.

Ederson memiliki peran penting mengantarkan Man City juara Liga Inggris 2017/2018.Ederson memiliki peran penting mengantarkan Man City juara Liga Inggris 2017/2018. (Reuters/Lee Smith)
Pada awal kedatangannya di Stamford Bridge, Bakayoko bisa menjadi duet yang ideal bagi N'Golo Kante dan menjadi kekuatan lini tengah Chelsea.

Di musim ini pemain asal Perancis itu bermain selama 2.033 menit dalam 28 pertandingan Liga Inggris. Atau rata-rata 72,6 menit per pertandingan. Meski mendapat menit bermain yang cukup, nyatanya kehadiran Bakayoko gagal membuat Chelsea mempertahankan trofi Liga Inggris yang jatuh ke tangan Man City.

Victor Lindelof gagal menjadi pemain andalan Manchester United di lini belakang.Victor Lindelof gagal menjadi pemain andalan Manchester United di lini belakang. (Action Images via Reuters/John Sibley)
Selain Bakayoko, bek Man United Victor Lindelof dan kiper West Ham United Joe Hart juga bisa menjadi pembelian terburuk lain di musim ini.

Lindelof gagal menjadi pilihan utama Jose Mourinho di lini belakang musim ini. Walaupun saat menghadapi Arsenal di pekan ke-36, pemain asal Swedia itu terpilih sebagai pemain terbaik versi suporter.

Sedangkan performa Joe Hart di bawah mistar justru membawa West Ham berada di papan bawah dan hampir terdegradasi. Saat ini The Hammers hanya berjarak lima poin dengan Swansea City yang berada di peringkat ke-18 klasemen. (har)