Marquez Tolak Pakai Nomor 'Kutukan' 1 di MotoGP

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Jumat, 11/05/2018 12:23 WIB
Marquez Tolak Pakai Nomor 'Kutukan' 1 di MotoGP Marc Marquez selalu menggunakan nomor balap 93 di MotoGP. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku tidak pernah tertarik menggunakan nomor balap 1 yang menjadi hak juara bertahan MotoGP.

Setiap juara bertahan MotoGP memiliki hak untuk menggunakan nomor balap 1 di musim berikutnya. Tapi, nomor 1 jarang dipakai karena dianggap membawa kutukan buruk bagi juara bertahan.

Pebalap terakhir yang menggunakan nomor balap 1 adalah Casey Stoner pada MotoGP 2012. Ketika itu Stoner gagal mempertahankan gelar juara dunia di MotoGP 2012 setelah kalah dari Jorge Lorenzo.


Pada musim sebelumnya, Lorenzo juga menggunakan nomor balap 1 dan gagal mempertahankan gelar juara dunia di MotoGP 2011 setelah dikalahkan Marquez. Pebalap terakhir yang mampu menjadi juara dunia kelas primer Grand Prix menggunakan nomor balap 1 adalah Mick Doohan pada 1998.

Casey Stoner menggunakan nomor balap 1 di MotoGP 2012.Casey Stoner menggunakan nomor balap 1 di MotoGP 2012. (AFP PHOTO / JOSEP LAGO)
Marquez mengaku tidak tertarik menggunakan nomor balap 1. Hal itu dikarenakan pebalap asal Spanyol tersebut tidak terobsesi dengan gelar juara dunia.

Marquez Tolak Pakai Nomor 'Kutukan' 1 di MotoGP
"Saya tidak pernah memiliki target, begitu juga saya tidak mau menggunakan nomor juara dunia, karena itu bukan obsesi saya. Dengan basis obsesi, target Anda tidak akan pernah tercapai. Target itu dicapai dengan basis motivasi," ujar Marquez dikutip dari Marca.

Tanpa menggunakan nomor balap 1, Marquez berhasil mendominasi MotoGP. Sejak promosi ke kelas primer Grand Prix pada 2013, Marquez hanya gagal satu kali merebut gelar juara dunia MotoGP pada musim 2015.

Marc Marquez setia menggunakan nomor balap 93 di MotoGP.Marc Marquez setia menggunakan nomor balap 93 di MotoGP. (REUTERS/Jon Nazca)
Marquez mengaku tidak pernah bosan hanya bertarung di MotoGP. Pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu mengatakan tidak punya waktu untuk berkompetisi di ajang lain.

"Saya ingin mencoba balapa lainnya. Honda selalu meminta saya untuk tampil di 8 Hours Suzuka, tapi kami punya 19 balapan musim ini dan 20 musim depan. Saya belum melihat hal lain di luar MotoGP, mungkin suatu hari nanti. Motivasi saya saat ini hanya membalap setiap hari Minggu," ucap Marquez yang menggunakan nomor balap 93 di MotoGP.

Marquez selanjutnya akan mempertahankan puncak klasemen MotoGP 2018 pada balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, 20 Mei mendatang. Balapan MotoGP Prancis bisa disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com. (vws)