4 Stadion dengan Pemandangan Menakjubkan di Dunia

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Minggu, 13/05/2018 06:17 WIB
4 Stadion dengan Pemandangan Menakjubkan di Dunia Stadion BBVA Bancomer berada dekat dengan Gunung Cerro de la Silla. (AFP PHOTO / ALFREDO ESTRELLA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepak bola bukan hanya menarik disaksikan di dalam lapangan dengan permainan apik kedua tim. Stadion salah satu klub juga bisa menggugah decak kagum.

Keindahan stadion itu bisa berupa gaya arsitektur, desain lapangan yang unik, teknologi paling mutakhir, hingga lokasi stadion itu dibangun. Untuk kategori yang terakhir ini, CNNIndonesia.com mencoba memilih tiga stadion paling memukau di dunia, seperti dikutip dari Bible Sport dan berbagai sumber.

4 Stadion dengan Pemandangan Menakjubkan di Dunia
Berikut tiga stadion terindah di dunia dalam sudut pandang panorama di sekitar lokasi stadion tersebut berdasarkan rangkuman dari CNNIndonesia.com:


1. Stadion BBVA Bancomer

Stadion BBVA Bancomer yang merupakan markas klub Liga Meksiko, Monterrey, selesai dibangun pada 2015. Stadion itu merupakan stadion dengan kapasitas terbesar di Meksiko yang mampu menampung hingga 51 ribu penonton.

Stadion BBVA Bancomer markas dari klub Meksiko, CF Monterrey. (Stadion BBVA Bancomer markas dari klub Meksiko, CF Monterrey. (AFP PHOTO / ALFREDO ESTRELLA)
Salah satu ciri yang menarik dari stadion itu adalah lokasinya yang berada tak jauh dari Gunung Cerro de la Silla, bahkan masih bisa dibilang bagian dari kaki gunung tersebut.

Penonton yang duduk di tribune utara bisa langsung melihat tegaknya gunung yang merupakan cagar alam di negara Meksiko tersebut.

2. Stadion Gospin Dolac

Stadion Gospin Dolac di Kroasia memikiki keunikan tersendiri. Stadion yang berada pada perbatasan Kroasia dan Bosnia itu berada di kelilingi tebing curam.

4 Stadion dengan Pemandangan Menakjubkan di DuniaStadion Gospin Dolac dikelilingi tebing curam. (AFP PHOTO / Branimir BOBAN)
Tribune dibangun di sejumlah sisi landai tebing tersebut. Stadion yang hanya berkapasitas 4.000 penonton itu merupakan rumah dari klub NK Imotski dan sudah didirikan sejak 1989.


3. Stadion Lofoten

Satu lagi stadion yang tak kalah menakjubkan, Stadion Lofoten di Norwegia. Stadion itu terbilang indah karena lokasinya yang berada di antara pulau karang terpencil di Pulau Lofoten, Desa Henningsvaer, Norwegia.
Stadion Lofoten berada di kepulauan karang terpencil di Norwegia. (Stadion Lofoten berada di kepulauan karang terpencil di Norwegia. (AFP PHOTO / Olivier MORIN)
Stadion itu juga menjadi markas klub amatir desa tersebut dan juga menjadi salah satu pusat destinasi wisata bagi orang-orang luar Norwregia yang ingin menikmati suasana desa dan stadin yang menarik. Karena tanahnya yang tidak subur, stadion itu dilapisi rumput sintetis.

4. Stadion Mandala Jayapura

Stadion Mandala Jayapura juga masih layak dimasukkan sebagai salah satu dengan stadion yang memiliki pemandangan indah di sekitarnya.

Stadion Mandala terletak pinggir Pantai Serui, Jayapura. (Stadion Mandala terletak pinggir Pantai Serui, Jayapura. (Foto: CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Lokasi markas Persipura Jayapura itu persis berada di tepi pantai di Serui, Jayapura. Bukan hanya pantai-pantai, terdapat pula bukit-bukit menjulang yang menambag keindahan stadion tersebut.

Tak jauh dari stadion, terdapat pula Pantah Base G yang sangat dikenal para pemain yang dibesarkan di Jayapura. Itu merupakan pantai yang dijadikan arena bermain bola anak-anak muda Jayapura. Boaz Solossa pernah dibesarkan di sana. (bac/jun)