Persija Dikecundangi Madura United di SUGBK

Jun Mahares, CNN Indonesia | Sabtu, 12/05/2018 23:01 WIB
Persija Dikecundangi Madura United di SUGBK Persija telan kekalahan perdana di SUGBK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta harus rela menyerah 0-2 dari Madura United pada lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (12/5).

Tuan rumah yang menurunkan mayoritas pemain pelapisnya di babak pertama tampil kurang greget. Bambang Pamungkas yang diplot sebagai ujung tombak kurang mendapat asupan bola matang dari lini kedua.

Gawang Persija bahkan harus kebobolan saat saat laga baru berusia empat menit berkat eksekusi penalti Fabiano Beltrame. Wasit menunjuk titik putih setelah Bayu Gatra dilanggar Valentino Telaubun di kotak terlarang.


Tendangan Beltrame sebenarnya berhasil diblok Daryono. Namun pemain asal Brasil itu berhasil meneruskan kembali bola liar ke gawang untuk mengubah skor 1-0 untuk keunggulan Madura United.

Persija yang tampil tanpa Riko Simanjuntak dan Marko Simic di babak pertama tampak kesulitan untuk membongkar pertahanan Madura United.

Justru Madura United yang berhasil memberikan sederet ancaman. Pada menit ke-14 Greg berhasil lolos ke sisi kanan kotak penalti melepaskan tembakan keras, beruntung masih bisa diblok Daryono.

Bambang Pamungkas yang berperan sebagai ujung tombak belum mendapat peluang terbaik. Dua kans terbaik Persija tercipta lewat tendangan spekulasi dari luar kotak penalti yang dilakukan Fitra Ridwan dan Yan Pieter Nasadit masih bisa ditepis kiper Hery Prasetya.

Kedua tim sama-sama menghadirkan ancaman, namun belum berujung gol. Skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga turun minum.

Babak I: Persija Tertinggal 0-1 dari Madura United

Duel sengit terjadi di babak kedua. Terlebih setelah pelatih Persija menurunkan tiga pilarnya, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, dan Marko Simic.

Marko Simic nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-72. Umpan Ismed Sofyan berhasil dikuasai Simic di kotak penalti, sayang tembakan kerasnya masih melambung di atas mistar.

Tiga menit berselang, Ramdani Lestaluhu berhasil menjebol gawang Madura United. Namun, gol tersebut dianulir karena wasit menganggapnya sudah berada di posisi offside.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Persija terlena di menit ke-79. Serangan balik Madura United diakhiri dengan tembakan kaki kiri Zah Rahan berhasil menembus gawang Daryono.

Persija terus mengurung pertahanan Madura United di waktu tersisa, namun tak berhasil mencetak gol. Madura United sukses membawa pulang tiga poin.

Hasil ini membuat Madura United ke puncak klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 16 poin atau unggul dua angka dari Persipura Jayapura yang baru dikalahkan Persib Bandung. Sementara Persija turun ke peringkat kedelapan sementara dengan koleksi 10 poin.

Susunan Pemain


Persija Jakarta: Daryono, BV Telaubun, Gunawan Dwi Cahyo, Ismed Sofyan, Vava Mario Yagalo, Asri Akbar, Fitra Ridwan, Novri Setiawan, Yan Pieter Nasadit, Bambang Pamungkas, Rudi Widodo.

Persipura: Dede Sulaiman; Yustinus Pae, A. Maiga, Yohanis Tjoe, Boas A; Ian Louis, Muhammad Tahir, Prisca Womsiwor; Boaz Solossa, Marcel Sacramento, Hilton Moreira. (jun)