Tiga Klub Degradasi di Liga Inggris 2018

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Senin, 14/05/2018 00:44 WIB
Tiga Klub Degradasi di Liga Inggris 2018 Swansea City terdegradasi untuk kali pertama dari Liga Primer sejak promosi pada 2011.(REUTERS/Rebecca Naden)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga klub dipastikan terdegradasi dari Liga Primer Inggris musim ini. Berikut tiga klub yang terdegradasi dan harus bermain di Divisi Dua (Championship) musim depan.

Swansea City yang secara matematis bisa lolos degradasi di pertandingan terakhir Liga Inggris musim ini, Minggu (13/5), gagal meraih kemenangan saat menjamu Stoke City di Stadion Liberty.

Sempat unggul lewat gol Andy King, Swansea akhirnya kalah 1-2 dari Stoke City. Tim tamu berhasil membalikkan keadaan melalui gol Badou Ndiaye dan Peter Crouch.


Stoke City dan Swansea City dipastikan terdegradasi dari Liga Primer Inggris.Stoke City dan Swansea City dipastikan terdegradasi dari Liga Primer Inggris. (REUTERS/Rebecca Naden)
Kekalahan dari Stoke City membuat Swansea mengakhiri Liga Inggris 2018 dengan berada di posisi 18 dengan 33 poin. Swansea gagal menggeser posisi Southampton di posisi 17 meski Soton kalah 0-1 dari Manchester City.

Tiga Klub Degradasi di Liga Inggris 2018
Swansea untuk kali pertama terdegradasi dari Liga Primer Inggris sejak promosi ke kompetisi kasta tertinggi pada musim 2011/2012.

Stoke City juga sudah dipastikan terdegradasi dari Liga Primer Inggris musim ini meski menang atas Swansea. Stoke City juga mengoleksi 33 poin, tapi kalah selisih gol dari Swansea.

West Bromwich Albion menjadi tim juru kunci di Liga Inggris 2018.West Bromwich Albion menjadi tim juru kunci di Liga Inggris 2018. (Reuters/Matthew Childs)
Dasar klasemen Liga Inggris musim ini dihuni West Bromwich Albion dengan 31 poin. WBA kalah 0-2 pada laga terakhir ketika bertandang ke markas Crystal Palace, Selhurst Park, lewat gl dari Wilfried Zaha dan Patrick van Aanholt.

Tiga tim promosi Liga Primer musim ini sukses mempertahankan posisi di kasta tertinggi, yakni Newcastle United, Huddersfield Town, dan Brighton & Hove Albion.

Dua tim yang sudah dipastikan promosi ke Liga Primer Inggris musim depan adalah Wolverhampton Wanderers yang menjadi juara Championship dan Cardiff City. Sementara satu posisi promosi lainnya akan diperebutkan Fulham, Aston Villa, Middlesbrough, dan Derby County.

Keberhasilan Cardiff promosi ke Liga Primer Inggris musim depan membuat Wales tetap memiliki wakil musim depan setelah Swansea terdegradasi. (nva)