Rumput SUGBK Mulai Dicopot Usai Laga Persija vs Home United

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 03:35 WIB
Rumput SUGBK Mulai Dicopot Usai Laga Persija vs Home United Rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno mulai dicopot usai laga Persija vs Home United. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bakal dicopot selama tiga bulan ke depan untuk persiapan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Pencopotan rumput rencananya akan dilakukan pada Selasa (15/5) malam, usai pertandingan leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC antara Persija Jakarta melawan Home United.

"Setelah pelaksanaan dari pertandingan sepak bola, pukul 00.00 kami akan mulai menggulung rumput yang membutuhkan waktu selama sekitar 6 jam."


"Lalu kami akan pasang armor deck untuk melapis [dasar] lapangan rumput maupun lintasan lari, untuk bangun panggung cukup besar. Akan ada alat besar yang masuk untuk bangun suatu konstruksi," kata Herti Purba, Direktur Seremoni Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC).

Pencopotan rumput stadion akan dilakukan selama tiga bulan ke depan.Pencopotan rumput stadion akan dilakukan selama tiga bulan ke depan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Armor deck merupakan papan khusus yang memiliki kemampuan untuk meratakan tekanan suatu beban yang ditumpu di atas papan tersebut. Sebanyak 18 ribu meter papan tersebut akan digunakan untuk menutupi lapangan dan area lari di SUGBK.

"Kami gunakan perlatan dari Indonesia sebanyak 10.000 unit dan sewa dari Australia dan Amerika juga. Kami harap tanggal 21 atau 22 Mei bisa selesai untuk pelapisannya. Setelah itu, mengerjakan konstruksi panggung," ucap Herti.

Rumput SUGBK Mulai Dicopot Usai Laga Persija vs Home United
"Barang lokal sudah ada, yang dari luar negeri masih menunggu karena persoalan bea cukai," ucapnya menambahkan.

Rumput SUGBK akan kembali dipasang usai upacara pembukaan sebelum pertandingan cabang olahraga atletik. Tiga hari sebelum upacara penutupan, armor deck akan kembali di pasang.

Persija Jakarta praktis tak bisa gunakan SUGBK hingga 3 bulan ke depan.Persija Jakarta praktis tak bisa gunakan SUGBK hingga 3 bulan ke depan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Cabang olahraga atletik selesai pada 30 Agustus, ada tiga hari persiapan untuk upacara penutupan. Di upacara penutupan, konsep kami hanya selebrasi dan tidak ada konstruksi [panggung] yang besar. Berbeda dari upacara pembukaan yang kolosal, menampilkan budaya dan keindahan," ujar Herti.

INASGOC juga menggunakan jasa ahli rumput dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Qamal, yang ditugaskan secara khusus untuk menjaga rumput selama dicopot. Ia bertanggungjawab terhadap pertumbuhan rumput selama pencopotan.

"Kalau SUGBK di psang armor deck dengan keadan masih ada rumput di lapangan, dalam satu pekan rumput masih bisa tumbuh. Di atas itu, rumput mati. Rumput harus dipindah ke tempat persemaian dekat arena panahan, di situ kami pelihara selama tiga bulan," tutur Qamal.

"Rumput akan dikembalikan saat pertandingan atletik, sistemnya adalah rumputnya digulung dengan lempengan dan dipelihara di sekitar area panahan. Saat dibutuhkan untuk atletik, akan pindahkan kembali ke SUGBK. Kami yakin rumput terjaga dengan baik," tuturnya melanjutkan. (jun)