Portugal Kebobolan 29 Gol Selama Melakoni Piala Dunia

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 12:31 WIB
Portugal Kebobolan 29 Gol Selama Melakoni Piala Dunia Timnas Portugal sudah 29 kali kebobolan sepanjang melakoni Piala Dunia. (REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Portugal memiliki catatan pertahanan cukup baik di Piala Dunia, yakni kebobolan 29 kali dari 26 pertandingan di enam edisi Piala Dunia.

Portugal untuk kali pertama tampil di putaran final Piala Dunia pada 1966. Kala itu, Portugal tampil sebagai juara Grup 3 yang juga dihuni Hungaria, Brasil dan Bulgaria dengan mencatatkan sembilan gol dan hanya kebobolan dua di tiga pertandingan.

Di babak perempat final, Portugal berhasil membekuk Korea Utara dengan skor 5-3 sebelum kalah 1-2 dari Inggris di babak semifinal. Pada perebutan posisi ketiga, Portugal menang 2-1 atas Uni Soviet.


Berselang 20 tahun kemudian, Portugal baru kembali lagi di Piala Dunia, tepatnya pada 1986 setelah absen di empat edisi sebelumnya. Di Meksiko, Portugal langsung tersingkir di fase grup setelah kalah bersaing dengan Maroko, Inggris, dan Polandia di Grup F.

Pepe dan Rui Patricio menjadi dua pemain yang akan mengawal lini belakang Timnas Portugal di Piala Dunia 2018.Pepe dan Rui Patricio akan mengawal lini belakang Timnas Portugal di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Darren Staples)
Portugal hanya mampu meraih satu kemeangan dan dua kekalahan dari tiga pertandingan. Portugal mencatatkan dua gol dan kebobolan empat gol.

Pada Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang, langkah Portugal kembali tersandung di babak penyisihan grup. Tergabung di Grup D bersama tuan rumah Korea Selatan, Amerika Serikat dan Polandia, Portugal hanya mampu finis di urutan ketiga usai mengantongi satu kemenangan dan dua kali kalah. Dari tiga pertandingan tersebut, Seleccao das Quinas mencetak tujuh gol dan kebobolan lima kali.

Berselang empat tahun kemudian Cristiano Ronaldo membawa Portugal bangkit di Piala Dunia 2006. Portugal melesat sebagai pemundak klsemen Grup D lewat tiga kemenangan dengan raihan sembilan poin dan hanya kebobolan sekali.

Cristiano Ronaldo sudah memperkuat timnas Portugal sejak Piala Dunia 2006.Cristiano Ronaldo sudah memperkuat timnas Portugal sejak Piala Dunia 2006. (REUTERS/Arnd Wiegmann)
Di babak 16 besar, Portugal mengalahkan Belanda 1-0. Selanjutnya Portugal kembali mencatatkan clean sheet di perempat final. Skor imbang tanpa gol hingga 120 menit, Portugal mengalahkan Inggris dengan skor 3-1 di babak adu penalti.

Langkah Portugal tehenti di semifinal usai dikalahkan Prancis 0-1 dan gagal mengulang prestasi serupa tahun 1966 karena kalah 1-3 di perebutan posisi ketiga melawan tuan rumah Jerman.

Portugal Kebobolan 29 Gol Selama Mengikuti Piala Dunia
Di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Portugal lulus dari fase grup dengan status runner up dengan satu kali menang dan dua kali hasil imbang berada di bawah Brasil. Bahkan, Portugal menjadi klub yang paling banyak mencetak gol (7gol) dan gawangnya tidak kebobolan sama sekali di fase grup.

Setelah itu, Portugal langsung tersingkir di babak 16 besar usai kalah 0-1 dari Spanyol.

Empat tahun lalu Portugal kembali harus puas sekadar mencicipi fase grup. Menghuni Grup G bersama Jerman, Amerika Serikat dan Ghana, Portugal hanya mampu meraih satu kali menang, satu hasil imbang dan sekali kalah yang membuatnya tak mampu lolos fase grup.

Meski tak pernah jadi juara, Portugal merupakan negara yang memiliki catatan terbaik di antara 20 negara teratas peserta Piala Dunia. (nva/bac)