Marseille Bertekad Pecahkan Rekor di Liga Europa

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 17:30 WIB
Marseille Bertekad Pecahkan Rekor di Liga Europa Olympique Marseille inin menjadi klub Prancis pertama yang memenangi Liga Europa. (REUTERS/Philippe Laurenson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Olympique Marseille ingin menjadi klub Prancis pertama yang memenangi Liga Europa yang sebelumnya bernama Piala UEFA saat menghadapi Atletico Madrid di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Rabu (16/5) waktu setempat.

Jika sukses juara di musim ini Marseille bisa menjadi klub Prancis pertama yang memenangi Liga Europa.

"Final di kandang di Prancis adalah kesempatan fantastis. Tidak ada tim Prancis yang memenangi trofi ini, akan fantastis jika kami menjadi yang pertama," ucap Garcia seperti dikutip dari situs UEFA.


Sejak Liga Europa atau Piala UEFA dimulai pada musim 1971/1972, belum ada klub asal Prancis yang menjadi juara.

Pertandingan nanti merupakan pertemuan kedua wakil Prancis dengan Spanyol di final Liga Europa atau Piala UEFA. Pertandingan nanti merupakan pertemuan kedua wakil Prancis dengan Spanyol di final Liga Europa atau Piala UEFA. (REUTERS/Vincent Kessler)
Sampai dengan saat ini, baru ada tiga klub Prancis yang mencapai babak final dan menjadi runner up di Liga Europa atau Piala UEFA. Ketiga klub itu adalah Sporting Club Bastiais, Girondins Bordeaux, dan Marseille.

Bastia menjadi klub Prancis pertama yang mencapai laga final Piala UEFA pada musim 1978/1979. Namun di partai puncak itu Bastia kalah agrgegat 0-3 dari PSV Eindhoven.

Marseille Bertekad Pecahkan Rekor di Liga Europa
Sementara, Bordeaux menjadi klub Prancis kedua yang mencapai final turnamen ini pada 1995/1996. Sayangnya, Bordeaux juga gagal untuk menjadi yang pertama juara karena kalah agregat 1-5 dari Bayern Munchen.

Pada musim 1998/1999, Marseille menjadi klub Prancis ketiga yang mencicipi final Liga Europa. Dalam final dengan format satu leg itu Les Phoceens kalah 0-3 dari Parma Calcio di Stadion Luzhniki, Rusia.

Rudi Garcia yang kini melatih Marseille bertekad membawa klub tersebut juara Liga Europa untuk kali pertama.Rudi Garcia yang kini melatih Marseille bertekad membawa klub tersebut juara Liga Europa untuk kali pertama. (Stefano Rellandini)
Marseille menjadi klub Prancis pertama yang dua kali berada di final Liga Europa. Hanya saja, dalam final musim 2003/2004 itu Marseille kalah 0-2 dari Valencia di Stadion Nya Ullevi, Swedia. Pertemuan tersebut merupakan yang pertama antara klub Prancis dengan Spanyol di final Liga Europa.

Pertandingan nanti merupakan final ketiga bagi Marseille di Liga Europa dan yang lima di turnamen antarklub Eropa, setelah sebelumnya menjadi juara Liga Champions 1992/1993 dan runner up Liga Champions 1990/1991. (ptr)


BACA JUGA