Manfaatkan Momentum Ramadan, Persib Fokus Hadapi PSM

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 15:29 WIB
Manfaatkan Momentum Ramadan, Persib Fokus Hadapi PSM Persib menggelar uji tanding pada Sabtu nanti sebagai persiapan lawan PSM. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras/18)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persib Bandung akan menggelar uji tanding pada Sabtu (19/5) sebagai bagian dari persiapan menghadapi PSM Makassar dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (23/5).

Karena bersamaan dengan bulan Ramadan, pertandingan bertajuk game internal ini akan digelar pada malam hari. Laga uji tanding itu merupakan pengganti laga melawan Persebaya pada Sabtu nanti yang ditunda akibat teror bom yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo sejak Minggu (13/5).

"Sekarang kami fokus ke pertandingan hari Rabu lawan PSM Makassar. Tentunya kami antisipasi dengan periodisasi bermain kami sebelumnya," kata pelatih fisik Persib Yaya Sunarya.


Game internal itu diharapkan sebagai adaptasi untuk pertandingan lawan PSM. Dengan begitu skuat Maung Bandung tidak kehilangan sentuhan dan suasana pertandingan.

Febri Hariyadi tidak memiliki kegiatan khusus selama puasa.Febri Hariyadi tidak memiliki kegiatan khusus selama puasa. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/kye/18)
"Jadi intensitas bermainnya tetap ada, dan kami harapkan pemain merasakan hal yang sama saat pertandingan," Yaya menuturkan.

Mantan pelatih fisik PKT Bontang itu melanjutkan, tidak ada penurunan intensitas latihan bagi Persib selama bulan puasa. Hanya saja waktu latihan diubah dengan banyak digelar sore hari dan sesekali pada malam hari, dengan menghilangkan latihan pagi.

Manfaatkan Momentum Ramadan, Persib Fokus Hadapi PSM
Latihan malam dibutuhkan untuk menyesuaikan diri dengan pertandingan selama Ramadan yang digelar pukul 20.30 WIB. Minus lawan Persebaya, Persib memiliki empat laga di bulan puasa: PSM Makassar (23/5), Bali United (27/5), Bhayangkara FC (31/5) dan PSMS Medan (5/6).

"Artinya, di kompetisi ini kami harus menjaga fisik, teknik, taktik dan mental seperti masa kompetisi biasa. Jadi kami tetap melakukan aktivitas yang sama dengan volume dan intensitas seperti persiapan kompetisi," ucap Yaya seraya mengingatkan para pemainnya untuk menjaga pola makan.

Manfaatkan Momentum Ramadan, Persib Fokus Hadapi PSMTidak ada penurunan intensitas latihan untuk Persib selama Ramadan. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Sementara, winger Persib Febri Hariyadi mengaku tidak memiliki aktivitas khusus selama bulan puasa. Namun pemain Timnas Indonesia itu senang karena bisa berkumpul dengan keluarga di bulan puasa.

"Kebiasaan ramadan tentunya tidak ada kebiaaan khusus. Yang paling spesial kumpul bersama keluarga, sahur makan bersama. Target pribadi yang jelas lebih baik puasanya dan lancar semuanya," Febri menjelaskan. (hyg/ptr)