Gerd Mueller Pensiun di Usia 28 Tahun Usai Piala Dunia 1974

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 16:29 WIB
Gerd Mueller Pensiun di Usia 28 Tahun Usai Piala Dunia 1974 Gerd Mueller saat mencetak gol kedua bagi timnas Jerman Barat ke gawang Belanda di final Piala Dunia 1974. (AFP PHOTO / STAFF)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gerd Mueller mengakhiri kariernya bersama timnas Jerman (dahulu bernama Jerman Barat) lebih cepat dengan pensiun di usia 28 tahun.

Pengunduran diri Mueller terjadi usai pemain kelahiran Noerdingen itu menjadi pahlawan Jerman Barat di Piala Dunia 1974. Tepatnya pada 1 Juli 1974 setelah mencetak gol kemenangan (2-1) bagi Jerman Barat atas Belanda dalam laga final di Olympiastadion, Munchen.


Di Piala Dunia edisi ke-10 itu, Mueller mencetak empat gol. Total Mueller sudah mengemas 14 gol dari dua edisi turnamen empat tahunan itu dengan 10 gol lainnya dicetak di Piala Dunia 1970.


Jerman Barat memulai turnamen dengan satu grup bersama Jerman Timur, Chile, dan Australia di fase penyisihan Grup 1. Mueller mencatatkan gol pertamanya di Piala Dunia 1974 saat Jerman Barat menghadapi Australia pada laga kedua. Di babak itu Jerman Barat keluar sebagai runner up grup di bawah Jerman Timur.

Miroslav Klose memecahkan rekor Gerd Mueller sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia.Miroslav Klose memecahkan rekor Gerd Mueller sebagai pencetak gol terbanyak untuk Jerman di Piala Dunia. (REUTERS/Alessandro Bianchi)
Gol kedua Mueller tercipta ketika Jerman Barat mengalahkan Yugoslavia 2-0 di laga pertama Grup B. Mueller juga yang menjadi bintang Jerman Barat setelah gol tunggalnya ke gawang Polandia di laga ketiga Grup B.

Gol semata wayang itu juga yang akhirnya menempatkan Jerman Barat sebagai juara grup dan melaju ke partai final melawan Belanda.

Gerd Muller Pensiun di Usia 28 Tahun Usai Piala Dunia 1974
Di final Jerman Barat sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Johan Neeskens pada menit kedua melalui titik penalti. Namun Jerman Barat membalasnya dengan gol Paul Breitner pada menit ke-25 juga melalui penalti.

Mueller akhirnya menjadi pahlawan Jerman Barat setelah membobol gawang Belanda pada menit ke-43 di hadapan 78.200 penonton di Olympiastadion.

Gerd Muller Pensiun di Usia 28 Tahun Usai Piala Dunia 1974Timnas Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974 setelah mengalahkan Belanda 2-1. (FIFA)
Kemenangan itu jadi penantian panjang Jerman Barat sejak 1954. Jerman Barat pun mengoleksi titel kedua Piala Dunia, menyamai pencapaian Italia.

Namun, euforia kemenangan Jerman Barat di Piala Dunia 1974 justru membuat Mueller memilih untuk mundur dari Timnas Jerman. Alasannya, DFB (Asosiasi Sepak Bola Jerman) bersikeras untuk tidak memperbolehkan istri pemain hadir dalam perayaan gelar juara Piala Dunia Jerman Barat saat itu.

Padahal, Mueller masih masuk dalam kategori pemain produktif lantaran usianya saat itu belum genap 29 tahun. Meski begitu, nama Mueller menjadi legenda dan bagian dari sejarah sepak bola Jerman sampai saat ini. (sry/ptr)