Sebanyak 25 Ribu Pasukan Cadangan Siap Kawal Asian Games 2018

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 19:47 WIB
Sebanyak 25 Ribu Pasukan Cadangan Siap Kawal Asian Games 2018 Menko PMK Puan Maharani memimpin rapat tingkat menteri tentang Asian Games 2018 terkait keamanan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chef de Mission Asian Games 2018 yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal Syafruddin, menyiapkan 25 ribu pasukan cadangan untuk pesta olahraga terbesar di Asia yang berlangsung pada 18 Agustus mendatang di Jakarta dan Palembang.

Syafruddin mengatakan aparat keamanan bertanggungjawab atas stabilitas keamanan termasuk saat penyelenggaraan Asian Games 2018. Ia menyampaikan langkah-langkah yang diambil aparat keamanan sampai dengan hari ini sangat bagus dan cukup kondusif.

"Sudah diputuskan, sesuai dengan standar internasional. Jumlah aparat keamanan yang terlibat di venue, kegiatan, transportasi, lokasi, wisma atlet, dan sebagainya sudah ada. Nanti datanya akan kami rilis sendiri," kata Syafruddin kepada para awak media usai konferensi pers di Kemenko PMK pada Kamis (17/5).


"Tentu kekuatan cadangan kami siapkan sekitar 22 ribu pasukan untuk hanya DKI saja, di Palembang ada sekitar tiga ribu pasukan cadangan. Itu semua disamping pasukan-pasukan [utama] yang sudah kami siapkan," katanya menambahkan.

Menurut Syafruddin, Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan merilis secara langsung tentang kekuatan yang utuh. Ia menegaskan jumlah pasukan keamanan yang disiapkan sudah sesuai standar internasional.

Menurut Syafruddin pasukan keamanan Asian Games 2018 sudah disiapkan sesuai standar internasional.Menurut Syafruddin pasukan keamanan Asian Games 2018 sudah disiapkan sesuai standar internasional. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Ditambah keamanan VIP khusus TNI yang bertanggungjawab. Beberapa kepala negara yang hadir itu tanggung jawab TNI dan dibantu oleh Polri. Dan demikian pula pengamanan rutin tanggung jawab Polri, dibantu oleh TNI," ucap Syafruddin.

Lebih lanjut Syafruddin mengabarkan sudah dapat konfirmasi kehadiran kepala negara dari Qatar pada pembukaan Asian Games 2018.

25 Ribu Pasukan Cadangan Siap Kawal Asian Games 2018
"Keputusannya nanti bulan Juli, tapi yang sudah daftar itu [Kepala Negara] Qatar," ucapnya kembali.

Indonesia dalam rangkaian ancaman teror pada sepekan terakhir. Atas keadaan itu, sejumlah negara peserta Asian Games 2018 mengeluarkan peringatan untuk berhati-hati ketika berkunjung ke Indonesia saat ini.

Syafruddin mengimbau masyarakat untuk tetap percaya kepada aparat keamanan guna mengembalikan kepecayaan publik internasional.Syafruddin mengimbau masyarakat untuk tetap percaya kepada aparat keamanan guna mengembalikan kepecayaan publik internasional. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Syafruddin menerangkan ada dua hal pokok yang bisa mengembalikan kepercayan publik dan dunia internasional bahwa Indonesia negara yang aman untuk dikunjungi.

"Yang pertama adalah mengimbau masyarakat tetap tenang dan percaya aparat keamanan. Kedua, aparat keamanan harus profesional. Manakala dua hal ini disatukan, maka kepercayaan publik apalagi dunia internasional akan segera pulih ketika ada travel advice atau apa pun yang sifatnya sementara," ujar Syafruddin.

"Dari dua masalah pokok yang kami tekankan itu perlu dukungan kuat dari media untuk memberikan pelajaran kepada publik. Sebagian yang terjadi justru pembicaraan yang tidak komprehensif atau utuh. Mudah-mudahan apa yang terjadi bisa tertangani dengan baik," ujarnya melanjutkan. (sry/ptr)