10 Hal yang Harus Diketahui Jelang MotoGP Prancis 2018

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 20/05/2018 18:05 WIB
10 Hal yang Harus Diketahui Jelang MotoGP Prancis 2018 Johann Zarco akan start dari posisi terdepan di MotoGP Prancis. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP Prancis akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5). Berikut sejumlah 10 hal yang patut diketahui sebelum menonton balapan nanti.

MotoGP Prancis merupakan seri kelima MotoGP 2018. Pada tahun lalu, Maverick Vinales jadi pemenang di balapan ini.

Berikut 10 hal yang harus diketahui sebelum balapan MotoGP Prancis, dikutip dari situs resmi MotoGP:


1. Johann Zarco untuk kali keempat bakal mengawali lomba dari posisi pole. Khusus balapan MotoGP Prancis, Zarco jadi pebalap pertama tuan rumah yang memegang pole position di kelas utama grand prix (500cc/MotoGP) sejak Christian Sarron di 1988.

2. Zarco start di baris terdepan untuk kesembilan kali secara beruntun. Zarco juga jadi pebalap dengan motor Yamaha yang memiliki posisi start terbaik untuk keempat kalinya musim ini.

3. Marc Marquez start di posisi kedua menyamai catatan start yang ia dapat di MotoGP Qatar musim ini.

Marc Marquez bakal berusaha meraih tiga kemenangan beruntun setelah sebelumnya ia berjaya di Amerika Serikat dan Spanyol.Marc Marquez bakal berusaha meraih tiga kemenangan beruntun setelah sebelumnya ia berjaya di Amerika Serikat dan Spanyol. (REUTERS/Jon Nazca)
4. Pebalap Pramac Racing, Danilo Petrucci, ada di posisi start ketiga untuk kali kedua tahun ini. Dia akan berusaha menjadi pebalap dengan motor Ducati pertama yang menang di Le Mans.

5. Andrea Iannone yang menunggangi Suzuki ada di posisi keempat, membuat ada empat pebalap dengan empat motor berbeda mengisi posisi start empat besar. Iannone akan berusaha memberikan Suzuki empat podium beruntun yang terakhir kali mereka dapatkan di kelas utama pada 1994.

6. Pebalap yang baru memperpanjang kontrak dengan Ducati, Andrea Dovizioso, yang start di posisi kelima akan membidik posisi podium untuk kali kedua di Le Mans dan juga untuk kali kedua di musim ini.

7. Jorge Lorenzo yang merupakan pebalap tersukses di Le Mans lewat enam kemenangan di grand prix, bakal start di posisi keenam.

10 Hal yang Harus Diketahui di MotoGP Prancis 2018Jorge Lorenzo adalah pebalap tersukses di Le Mans. (REUTERS/Marcos Brindicci)
8. Jack Miller (Pramac Racing) yang merupakan pebalap dengan motor Ducati keempat di posisi 10 besar, bakal start di posisi ketujuh. Hasil ini merupakan hasil terbaik sejak pole position yang ia dapatkan di MotoGP Argentina.

9. Maverick Vinales akan mengisi posisi kedelapan. Ia selalu mendapat podium di dua musim terakhir di Le Mans.

10 Hal yang Harus Diketahui di MotoGP Prancis 2018
10. Valentino Rossi yang megalami kecelakaan di lap terakhir MotoGP Prancis musim lalu bakal start di posisi kesembilan. Ini adalah posisi terburuk di MotoGP Prancis sejak tahun 2011.

Balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans akan disiarkan secara live streaming di CNNIndonesia.com mulai pukul 19.00 WIB. (har)