Marquez Samai Catatan Stoner di MotoGP, Berburu Rekor Lorenzo

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Senin, 21/05/2018 11:42 WIB
Marquez Samai Catatan Stoner di MotoGP, Berburu Rekor Lorenzo Marc Marquez meraih 38 kemenangan di kelas primer Grand Prix. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberhasilan Marc Marquez memenangi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5), membuat pebalap Repsol Honda itu menyamai rekor kemenangan kelas primer Grand Prix [500cc/MotoGP] milik Casey Stoner.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Marquez kini sudah mengoleksi 38 kemenangan di MotoGP dan menyamai rekor Stoner. Pebalap 25 tahun itu melewati rekor kemenangan legenda balap asal Inggris Mike Hailwood.

"Saya beruntung karena Stoner pensiun lebih cepat," ujar Marquez sambil tertawa menanggapi rekor yang diciptakannya usai MotoGP Prancis.


Marc Marquez mengalahkan Danilo Petrucci pada balapan MotoGP Prancis 2018.Marc Marquez mengalahkan Danilo Petrucci pada balapan MotoGP Prancis 2018. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
"Stoner merupakan salah satu pebalap terbaik dalam sejarah, tapi dia pensiun terlalu cepat, jika tidak dia mungkin bisa meraih kemenangan lebih banyak," ucap Marquez dikutip dari Marca.

Setelah menyamai rekor Stoner, Marquez kini berburu rekor 44 kemenangan kelas primer Grand Prix milik Jorge Lorenzo. Di puncak daftar ada Valentino Rossi dengan 89 kemenangan, disusul Giacomo Agostini [68 kemenangan], dan Mick Doohan [54 kemenangan].

Marquez Samai Catatan Stoner di MotoGP, Berburu Rekor Lorenzo
Secara total kemenangan Grand Prix, Rossi juga berada di posisi kedua dengan 115 kemenangan di semua kelas. The Doctor unggul atas Angel Nieto yang mengoleksi 90 kemenangan dan Mike Hailwood dengan 76 kemenangan.

Marquez berada di posisi keenam dengan 65 kemenangan, hanya kalah satu kemenangan dari Lorenzo. Sementara pebalap dengan kemenangan terbanyak adalah Agostini dengan 122 kemenangan.

Casey Stoner pensiun dari MotoGP usai musim 2012.Casey Stoner pensiun dari MotoGP usai musim 2012. (AFP PHOTO / JOSEP LAGO)
Kemenangan di MotoGP Prancis membuat Marquez semakin unggul di puncak klasemen sementara MotoGP 2018. Marquez kini mengoleksi 95 poin dan unggul 36 poin atas pebalap pebalap Movistar Yamaha Maverick Vinales.

MotoGP 2018 akan berlanjut di Sirkuit Mugello, Italia, 3 Juni mendatang. Balapan MotoGP Italia bisa disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com. (jun)