Klopp: Saya Beruntung Tak Bertanding Lawan Zidane di Lapangan

Arby Rahmat | CNN Indonesia
Selasa, 22 Mei 2018 03:20 WIB
Manajer Liverpool Juergen Klopp merasa beruntung tidak berhadapan melawan manajer Real Madrid, Zinedine Zidane, di dalam lapangan sebagai pemain. Juergen Klopp akan menghadapi Zinedine Zidane di laga final Liga Champions 2017/2018. (Action Images via Reuters/Matthew Childs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Liverpool Juergen Klopp merasa beruntung tidak bertanding satu lawan satu melawan manajer Real Madrid, Zinedine Zidane, di dalam lapangan sebagai pemain.

Anak asuh Klopp akan bertanding melawan tim asuhan Zidane dalam final Liga Champions di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, pada akhir pekan ini (26/5).

"Dia [Zidane] adalah salah satu dari lima pemain terbaik sepanjang masa. Dan sekarang, dia adalah pelatih dari Real Madrid yang merupakan tim berpengalaman. Ini akan menjadi tantangan yang menyenangkan bagi kami," kata Klopp seperti yang dikutip dari situs resmi Liverpool pada Senin (21/5).

"Saya beruntung kami [Klopp dan Zidane] tidak saling bertanding. Saya lawan dia, menjaga pergerakan dia atau apapun di lapangan. Saya sangat senang bisa mengirim para pemain saya untuk bertanding di lapangan," katanya menambahkan.

Klopp menganggap Zidane sebagai sosok yang memiliki karakter luar biasa dalam dunia sepak bola. Ia juga menghormati bintang yang membawa Prancis menjadi juara dunia pada 1998.

Zinedine Zidane (kiri) pernah menjadi gelandang kenamaan di era 1990-an hingga 2000-an.Zinedine Zidane (kiri) pernah menjadi gelandang kenamaan di era 1990-an hingga 2000-an. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)
"Saya mengagumi dia sebagai seorang pemain, dan menghargai dia sebagai sesama rekan manajer. Hebat dengan apa yang dia lakukan untuk Real Madrid. Ini benar-benar luar biasa," ucap Klopp.

"Itulah alasan saya menantikan pertandingan lawan dia. Namun, kami datang bukan hanya untuk bertukar kostum dan saling bersalaman. Meski begitu, dia adalah legenda sepak bola yang hebat," ucapnya melanjutkan.

Lebih lanjut, Klopp mengakui Real Madrid merupakan tim yang sangat kuat dari segala aspek. Secara umum, lanjutnya, setiap tim bisa bermain sepak bola dengan baik.

Klopp: Saya Beruntung Tak Bertanding Lawan Zidane di Lapangan
"Akan tetapi, pada tahap ini kualitas dan mental untuk menang sangat diperlukan. Mereka sangat tenang. [Sergio] Ramos tahu betul cara mengatur lini pertahanan," ujar Klopp.

"Kemudian ada Casemiro, [Toni] Kroos dan [Luka] Modric yang kompak di lini tengah. Sekali lagi, ini soal mentalitas, kekuatan, kejeniusan masing-masing pemain dalam menghadapi situasi, dan operan yang baik. Mereka memilki komposisi tim yang baik," ujarnya kembali.

Manajer asal Jerman berusia 50 tahun pun menyoroti sejumlah pemain muda Los Blancos seperti pemain sayap Lucas Vazquez dan Marco Asensio. Selain itu, lanjut dia, Real Madrid semakin kuat dengan keberadaan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

"Selama bertahun-tahun, Benzema ada di samping Ronaldo dan mencetak banyak gol dengan kaki atau kepala dalam sejumlah pertandingan yang menentukan. Itu bukan hal yang mudah. Isco atau [Gareth] Bale, mereka semua pesepakbola yang bagus," tutur Klopp.

"Belum lagi [Raphael] Varane. Marcelo adalah pemain terbaik di dunia sebagai gelandang bertahan kiri. Tidak ada keraguan dengan hal itu, dia [Marcelo] seperti Roberto Carlos," tuturnya lagi. (nva/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER