Laporan dari Bangkok

Della Akui Indonesia Belum Konsisten di Piala Uber 2018

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Selasa, 22/05/2018 20:22 WIB
Della Akui Indonesia Belum Konsisten di Piala Uber 2018 Della Destiara Haris berjanji benahi konsistensi permainan di Piala Uber 2018. (CNNIndonesia.com/Putra Permata Tegar)
Bangkok, CNN Indonesia -- Konsistensi jadi salah satu kekurangan utama tim Indonesia di Piala Uber 2018 jelang melakoni laga berat menghadapi China di Stadion Impact Arena, Bangkok, Rabu (23/5).

Persoalan itu diungkapkan Della Destiara Haris dan Ni Ketut Mahadewi Istarani usai mereka dipasangkan sebagai ganda menghadapi pasangan Prancis, Emilie Leffel/Anne Tran.

Pada pertandingan tersebut, Della/Ketut menang mudah atas Leffel/Tran dengan skor 21-10 dan 21-16, meski sempat melakukan sejumlah kesalahan di tengah-tengah gim.


Usai mengalahkan Prancis, Della mengakui ada kekurangan yang utamanya harus segera diperbaiki sebelum berhadapan dengan Prancis.

"Konsistensi saja [kekurangan yang harus terus dibenahi]," terang Della singkat, menjawab pertanyaan soal kekurangan tim Uber yang harus diperbaiki secara keseluruhan.

Della Akui Indonesia Belum Konsisten di Piala Uber 2018Della Destiara Haris saat ini berduet dengan Ni Ketut Mahadewi Istarani. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Kondisi di lapangan disebut Della juga turut andil membuat pemain seperti kehilangan fokus dan tidak konsisten dalam mengatur ritme permainan serta pukulan-pukulan. Salah satunya adalah persoalan embusan angin di dalam stadion.

"Gim kedua kami agak menang angin sehingga kami mengatur [kekuatan pukulan] agak susah. Jadi lama mengaturnya," ungkap Della.

Della Akui Indonesia Belum Konsisten di Piala Uber 2018
"Kami baru menemukan ritme permainan ketika [jarak] poinnya sudah mepet-mepet. Kami juga ada masukan dari pelatih diminta kembali ke permainan kami, jangan terlalu 'diolah' bola-bolanya."

Segala persiapan juga akan dimaksimalkan tim Uber Indonesia untuk meraih hasil maksimal atas China.

Della Akui Indonesia Belum Konsisten di Piala Uber 2018Della Destiara Haris (depan) berjanji tampil lebih konsisten lawan China. (CNN Indonesia/Putra Tegar)
"Pokoknya kami melakukan yang terbaik sesuai yang pelatih minta, sedikit demi sedikit."

"Kami juga sudah melihat rekaman video permainan para pemain China untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka. Mempersiapkan strategi, pokoknya awal main kalau strategi tidak berjalan, ganti strategi lainnya," ujar Della

Senada dengan Della, Ketut juga mengakui masalah konsistensi jadi kekurangan tim Indonesia yang harus dibenahi.

"Waktu di awal-awal kami bisa bagus, tapi di pertengahan malah kendur. Saya pribadi kerap kendur [performanya], tapi setelah itu bisa balik lagi. Cuma yang penting harus konsisten dari poin ke poin saja."

"Mungkin karena dari awal menjalankan strategi, tapi di tengah pertandingan malah bermain tidak sesuai strategi. Saat ini cara mengatasi masalah konsistensi harus dengan pola pikir, terus berpikir bahwa kami harus bisa [memenangkan pertandingan]," ucap Ketut. (jun/nva)




BACA JUGA