Laporan dari Bangkok

Kalah dari Ganda Thailand, Marcus/Kevin Akan Protes ke BWF

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Selasa, 22/05/2018 21:19 WIB
Kalah dari Ganda Thailand, Marcus/Kevin Akan Protes ke BWF Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah dari pasangan Thailand di fase grup Piala Thomas 2018. (Dok. Humas PBSI)
Bangkok, CNN Indonesia -- Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang diandalkan sebagai ganda pertama ketika menghadapi Thailand di babak penyisihan Piala Thomas 2018 gagal meraih poin.

Marcus/Kevin kalah dari duet Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet dalam pertandingan yang berlangsung selama 48 menit.

Setelah keunggulan 1-0 pada gim pertama, ganda putra nomor satu dunia itu selalu tertinggal dalam perolehan poin. Wasit servis tercatat lima kali menganulir pukulan pertama Marcus.


Tertinggal 7-11, Marcus/Kevin tidak dapat membalikkan keadaan dan kalah 16-21 pada gim pertama.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal menyumbang poin dalam pertandingan melawan Thailand di fase grup Piala Thomas 2018.Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal menyumbang poin dalam pertandingan melawan Thailand di fase grup Piala Thomas 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Harapan sempat muncul di gim kedua. Sempat bermain ketat hingga skor 4-4, pasangan berjuluk Minions sukses memimpin perolehan poin dan memastikan kemenangan 21-13.

Di gim penentuan Marcus/Kevin tertinggal sejak awal. Ganda putra yang dibentuk sejak 2015 itu gagal memangkas jarak hingga akhirnya kalah 12-21.

Setelah pertandingan, Marcus merasa dicurangi karena wasit servis kerap menganulir pukulannya.

"Masak saya dibikin kayak pemain yang baru main bulutangkis [sama wasit], tiga kali kena fault [saat servis]. Saya sudah biasa servis segini [sembari menunjuk ke dadanya], masak dianggap fault. Di All England saja biasa seperti itu dan tidak fault. Matanya wasit juga sudah kelihatan merah begitu kok."

"Ini aneh banget, kalau mau menang ya jangan gitu dong caranya. Masak sampai tiga fault, enggak bener kalau begini. Saya juga tidak tahu nanti bagaimana kalau main wasit masih seperti ini juga. Belum lagi soal angin, susah banget mukul selalu out di set pertama [karena menang angin]. Pokoknya nanti saya mau protes ke BWF," jelas Marcus.

Marcus/Kevin Kalah, Thailand Imbangi Indonesia
Mengenai permainan lawan, Marcus merasa tidak ada yang istimewa dari pasangan Thailand. "[Lawan] tidak [bahaya]," ujar Marcus.

Sebelum Marcus/Kevin kalah dari pasangan Thailand, Anthony Sinisuka Ginting lebih dulu meraih poin untuk Indonesia berkat kemenangan atas Khosit Phetpradab, 21-8 dan 21-14.

Dari dua partai yang sudah berlangsung, Indonesia dan Thailand untuk sementara berbagi angka 1-1.

Catatan redaksi: Redaksi CNNIndonesia.com melakukan perbaikan artikel ini pada Selasa (22/5) pukul 22.50 WIB. Demikian ralat dilakukan. (nva)




BACA JUGA