Menpora: Indonesia Tak Boleh Kalah dari Malaysia

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 31/05/2018 02:18 WIB
Menpora: Indonesia Tak Boleh Kalah dari Malaysia (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi berharap Timnas Indonesia tidak kalah dari Malaysia saat berlaga di Asian Games 2018 yang rencananya berlangsung pada 18 Agustus mendatang.

Imam ingat betul ketika Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Malaysia dalam babak semifinal SEA Games Kuala Lumpur 2017 di Stadion Shah Alam pada 26 Agustus 2017. Ke depannya, ia tak ingin pencapaian tim asuhan Luis Milla lebih buruk dari Harimau Muda.

"Bahwa sesungguhnya kita ini tidak akan pernah lepas dari rasa senang dan sedih ketika menang dan kalah. Di situlah inti dari olahraga, itu adalah semangat, respek, sportif, menghargai," ujar Imam kepada para awak media di Hotel Melia Purosani Yogyakarta.


"Tinggal bagaimana [rasa senang atau sedih] jadi motivasi, semangat baru bahwa mendatang sepak bola kita tak boleh kalah lagi dengan Malaysia," ujarnya melanjutkan.

Timnas Indonesia tidak boleh mengulang kekalahan dari Malaysia.Timnas Indonesia tidak boleh mengulang kekalahan dari Malaysia. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani persiapan untuk laga uji coba lawan Thailand di Stadion PTIK pada Kamis (31/5). Imam merasa senang Luis Milla fokus betul untuk mempersiapkan Timnas Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018.

"Itu yang saya harapkan, targetnya memang harus Asian Games untuk membuktikan bisa jadi yang terbaik yang katanya bisa masuk empat besar. Pemerintah pasti akan mendukung," kata Imam.

Pemusatan latihan (TC) jelang melawan Timnas Thailand sudah berlangsung sejak 30 Mei hingga 4 Juni. Setelah bertanding di Stadion PTIK, kedua kesebelasan tersebut akan kembali berhadapan di Stadion Pakansari (3/6).

Timnas Indonesia U-23 rencananya akan menggunakan tiga pemain senior lawan Thailand. Dua wajah baru, Beto Goncalves dan Riko Simanjuntak dipanggil untuk mengikuti seleksi.

Imam Nahrawi berharap Timnas Indonesia masuk posisi empat besar.Imam Nahrawi berharap Timnas Indonesia masuk posisi empat besar Asian Games 2018. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Sebelumnya, asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 Bima Sakti mengabarkan sudah memiliki gambaran mengenai ketiga pemain tersebut. Ia juga mengatakan Milla ingin melihat kontribusi dan kekompakan pemain senior dan U-23 di laga uji coba itu.

"Penetapan tiga pemain senior sama seperti pemain U-23, sampai menit akhir masih bisa berubah. Tergantung kondisi dan performa pemain bersangkutan," ucap Bima Sakti. (sry/jun)