Program Latihan Timnas Indonesia Tak Ganggu Puasa

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 30/05/2018 17:28 WIB
Program Latihan Timnas Indonesia Tak Ganggu Puasa Luis Milla memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 jelang laga uji tanding. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-23 Luis Milla menyebut program latihan yang diberikan kepada pemain tidak akan mengganggu ibadah puasa Ramadan yang dijalankan sebagian besar pemain.

Dari 22 nama pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 untuk menghadapi Thailand, 16 di antaranya menjalankan puasa. Oleh karena itu, Milla mencari cara supaya pemusatan latihan yang digelarnya tidak mengganggu para pemain yang puasa.

Ini bukan kali pertama bagi mantan pemain Valencia itu melatih dan membawa pemain skuat Merah Putih melakukan uji coba di bulan puasa.


Pada tahun lalu, Milla tercatat dua kali membawa Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan melakukan uji coba, yakni melawan Kamboja dalam laga tandang dan menjamu Puerto Rico di Yogyakarta.

Timnas Indonesia dan Thailand menjalani sesi konferensi pers jelang pertandingan persahabatan.Timnas Indonesia dan Thailand menjalani sesi konferensi pers jelang pertandingan persahabatan. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Bagi saya, Ramadan tahun kemarin kita main lawan Kamboja. Di sinilah orang seperti Bima Sakti dan Dokter Papi (Dokter Timnas Syarif Alwi), adalah orang yang dekat dengan tim, anak-anak. Saya tanya kepada mereka untuk melakukan pendekatan selama Ramadan," kata Milla.

Program Latihan Timnas Indonesia Tak Ganggu Puasa
Pelatih berkebangsaan Spanyol itu yakin, program latihan yang dibuat di bulan Ramadan tidak akan mengganggu puasa pemain. "Dan tidak mengganggu persiapan tim," tegasnya.

Di sisi lain, bek Timnas Indonesia U-23 Ricky Fajrin menyebut bulan Ramadan bukan alasan untuk tidak memberikan yang terbaik pada laga uji coba melawan Thailand yang digelar sebanyak dua kali.

Laga pertama akan digelar di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (31/5) dan kedua di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (3/6).

"Kita semua tahu pertandingan melawan Thailand digelar di bulan Ramadan. Apalagi klub saat ini sedang padat-padatnya. Tapi ini bukan sebuah alasan untuk tidak memberikan yang terbaik buat Indonesia," tukasnya.

(nva/jun)