Rekor Pertemuan Luis Milla Lawan Timnas Thailand

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 30/05/2018 19:28 WIB
Rekor Pertemuan Luis Milla Lawan Timnas Thailand Timnas Indonesia yang berada di bawah asuhan Luis Milla dua kali bermain imbang dengan Thailand. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-23 yang dilatih Luis Milla akan menghadapi timnas Thailand untuk kali ketiga pada Kamis (31/5) malam di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Thailand bukan lawan yang asing bagi Milla. Tahun lalu, mantan gelandang Barcelona, Real Madrid, dan Valencia itu, sudah dua kali menjajal kekuatan timnas sepak bola dari tim Gajah Perang.
Pertemuan pertama Milla dengan timnas Thailand U-23 terjadi di kualifikasi Piala Asia.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional, Bangkok, 23 Juli 2017, Timnas Indonesia bermain imbang tanpa gol dengan tuan rumah.


Milla menurunkan formasi 4-3-3 tanpa ujung tombak murni pada daftar susunan pemain inti ketika itu. Indonesia dan Thailand tercatat sama-sama memiliki penguasaan bola sebanyak 50 persen dan melakukan empat tembakan.
Timnas Indonesia arahan Luis Milla sudah pernah dua kali menghadapi Thailand.Timnas Indonesia arahan Luis Milla sudah pernah dua kali menghadapi Thailand. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Akurasi umpan dan tekel sukses Thailand lebih unggul ketimbang catatan Febri Hariyadi dan kawan-kawan.

Dari 11 nama yang menjadi starter di laga hampir setahun lalu tersebut, sembilan di antaranya kembali dipanggil oleh Milla menjelang laga menghadapi Thailand U-23 besok. Hanya kiper Kurniawan Kartika Ajie dan gelandang Evan Dimas yang tidak terdaftar di laga kali ini.

Sedangkan laga kedua antara anak asuh Milla dan Thailand U-23 terjadi di SEA Games 2017. Skor kembali imbang namun kedua tim mampu mencetak satu gol.

Thailand unggul lebih dulu dalam pertandingan pertama Grup B SEA Games 2017 itu. Chaiyawat Buran mencetak gol pada menit ke-14 memanfaatkan kesalahan Kartika Ajie.
Rekor Pertemuan Luis Milla Melawan Thailand
Indonesia membalas lewat gol penalti Septian David Maulana setelah Osvaldo Haay dilanggar pada pertengahan babak kedua.

Selain Kartika Ajie dan Evan, Marinus Wanewar juga tercatat sebagai starter di SEA Games menghadapi Thailand namun tidak dipanggil dalam pertemuan di tahun 2018 yang akan berlangsung Kamis (31/5) dan Minggu (3/6).
Dalam pertemuan perdana dengan Thailand, Milla tampak mengandalkan permainan dari sayap yang cepat dan serangan balik. Sementara di pertemuan kedua, tim Merah Putih terlihat lebih berani menguasai bola dan melakukan inisiatif serangan.

Rekor pertemuan Luis Milla dengan timnas Thailand:

Timnas Indonesia U-23 0-0 Timnas Thailand U-23 (Kualifikasi Piala Asia U-23 (23/7/2017))
Timnas Indonesia U-23 1-1 Timnas Thailand U-23 (SEA Games 2017 (15/8/2017) (jun)