Analisis

Uruguay vs Mesir, Adu Tajam Suarez dan Mohamed Salah

Jun Mahares, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 17:30 WIB
Uruguay vs Mesir, Adu Tajam Suarez dan Mohamed Salah Luis Suarez dan Mohamed Salah bakal beradu tajam saat Uruguay melawan Mesir. (AFP PHOTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duel antara timnas Mesir vs Uruguay bakal jadi pembuktian dua penyerang andal, Mohamed Salah dan Luis Suarez. Keduanya akan beradu tajam di fase Grup A Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Stadion Ekaterinburg Arena, Jumat (15/6).

Tak ada yang meragukan kehebatan Suarez. Striker andalan Barcelona ini punya kualitas lengkap sebagai penyerang. Memiliki skill di atas rata-rata, pergerakan dinamis, dan bernaluri gol tinggi.

Di Barcelona, Suarez masuk daftar pencetak gol terbanyak dengan catatan 31 gol di semua kompetisi. Tak hanya piawai cetak gol, mantan pemain Ajax Amsterdam ini juga sukses menyumbang 18 assist di sepanjang musim 2017/2018.


Suarez juga gemilang di timnas Uruguay. Koleksi 50 gol dari 97 caps membuat namanya masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola Uruguay.

Luis Suarez kerap terlibat kontroversi di Piala Dunia.Luis Suarez kerap terlibat kontroversi di Piala Dunia. (REUTERS/Ivan Alvarado)
Hanya saja, Suarez kerap terlibat aksi kontroversial di turnamen terakbar ini. Pada edisi terakhir, Suarez diganjar absen di sembilan pertandingan internasional usai menggigit punggung bek Italia Giorgio Chiellini di fase grup.

Absennya Suarez praktis merugikan Uruguay. Tim juara dunia dua kali itu tampil kurang greget lantaran hanya mengandalkan Edinson Cavani sendirian di lini depan dan harus rela tersingkir di fase grup.

Uruguay vs Mesir, Adu Tajam Suarez dan Mohamed Salah
Suarez harus meredam emosi untuk melakukan aksi konyolnya di lapangan jika masih bermimpi untuk mengantar Uruguay juara dunia untuk kali ketiga. Sebaliknya, petaka akan kembali dihadapi tim Amerika Latin tersebut jika kegilaan Suarez kambuh.

Uruguay boleh menyandang tim favorit juara grup. Namun, mereka wajib mewaspadai Mesir yang berpotensi jadi kuda hitam lewat kehadiran sang megabintang, Mohamed Salah.

Mohamed Salah tampil gemilang di Liverpool musim ini.Mohamed Salah tampil gemilang di Liverpool musim ini. (REUTERS/Phil Noble)
Bintang Liverpool ini adalah ujung tombak skuat Mesir. Meski posisi alaminya sebagai winger, Salah kini menjelma sebagai mesin gol baik di klub maupun timnas Mesir.

Salah tampil menawan bersama Liverpool dan berhasil menyabet gelar top skor Liga Primer Inggris dengan koleksi 32 gol. Pemain sayap 25 tahun itu juga membuktikan ketajamannya dengan torehan 10 gol di Liga Champions.

Sementara di timnas Mesir, Salah sukses mendulang lima gol di babak kualifikasi Piala Dunia. Artinya 71 persen gol The Pharaoh dihasilkan oleh Salah termasuk dua gol ke gawang Kongo untuk memastikan Mesir lolos ke Rusia.

Salah kini tengah berjuang memulihkan cedera bahu yang dialami di final Liga Champions. Kiprah Salah di Piala Dunia nanti akan sangat dinantikan usai tampil impresif bersama The Reds di musim pertamanya. (bac)