Gianluigi Buffon Dilarang Tampil dalam Tiga Laga

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Selasa, 05/06/2018 22:19 WIB
Gianluigi Buffon Dilarang Tampil dalam Tiga Laga Gianluigi Buffon dan beberapa pemain Juventus melakukan protes kepada wasit Michael Oliver. (REUTERS/Paul Hanna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gianluigi Buffon mendapat larangan bermain di tiga laga sebagai hukuman atas protes yang dilakukan kepada Michael Oliver di babak perempat final Liga Champions.

Dalam laga kedua antara Real Madrid dan Juventus di babak perempat final Liga Champions, Buffon menentang keras keputusan Oliver yang memberikan penalti untuk Madrid setelah menganggap Medhi Benatia melanggar Lucas Vazquez di menit-menit akhir laga.

"Badan kontrol, etik dan disiplin UEFA telah memutuskan memberi hukuman pada pemain Juventus Gianluigi Buffon berupa larangan bermain sebanyak tiga laga di kompetisi UEFA," demikian tulis pernyataan resmi UEFA dikutip dari Football-Italia.


Gianluigi Buffon mendapat kartu merah di pengujung laga leg kedua perempat final Liga Champions 2017/2018 ketika Juventus bertemu Real Madrid.Gianluigi Buffon mendapat kartu merah di pengujung laga leg kedua perempat final Liga Champions 2017/2018 ketika Juventus bertemu Real Madrid. (REUTERS/Susana Vera)
Aksi protes Buffon tidak membuat Oliver mengubah keputusan. Wasit asal Inggris itu bahkan kemudian memberi kartu merah kepada kapten Juventus itu.

Keputusan Oliver merugikan Juventus yang sedang memimpin 3-0. Gol Cristiano Ronaldo dari titik putih pun memastikan langkah sang juara Italia itu terhenti karena kalah selisih gol secara keseluruhan setelah di leg pertama kalah 0-3 dari Madrid.

Gianluigi Buffon Dilarang Tampil dalam Tiga Laga
Setelah pertandingan Buffon sempat mengutarakan Oliver tidak memiliki hati, namun kemudian kiper gaek itu meminta maaf atas ucapannya tersebut.

Atas keputusan tersebut Oliver dan keluarganya mendapat ancaman dari berbagai pihak termasuk di media sosial. Polisi bahkan kemudian melakukan investigasi atas berbagai ancaman yang ditujukan kepada Oliver dan sang istri.

Buffon yang memastikan menyudahi kebersamaan dengan Juventus seiring dengan akhir musim 2017/2018 itu belum memutuskan klub baru yang akan dibela.

Kendati sudah berusia 40 tahun, Buffon masih cukup laku di pasaran dan tidak luput dari gosip transfer. Klub kaya asal Prancis, Paris Saint-Germain disebut-sebut menjadi peminat utama Buffon. (nva)