6 Perbedaan Marquez dan Lorenzo di MotoGP

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Kamis, 07/06/2018 11:15 WIB
6 Perbedaan Marquez dan Lorenzo di MotoGP Marc Marquez bakal menjadi rekanan satru tim dengan Jorge Lorenzo di Repsol Honda. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jorge Lorenzo akan menjadi rekan satu tim Marc Marquez di Honda pada MotoGP 2018. Berikut perbedaan kedua pebalap.

Duet Lorenzo-Marquez bakal menjadikan Honda sebagai tim yang paling ditakuti di MotoGP 2019. Berikut sejumlah perbedaan Marquez dan Lorenzo dalam perjalanan karier mereka:

1. Jorge Lorenzo saat ini berusia 31 tahun, enam tahun lebih tua dari Marc Marquez. Namun keduanya sama-sama menjalani musim perdananya di balapan grand prix pada usia 15 tahun.


2. Jorge Lorenzo tidak pernah memenangi kelas 125cc, kalah dari catatan milik Marc Marquez. Namun Lorenzo dua kali juara dunia 250cc, sedangkan Marquez memilih untuk langsung promosi ke MotoGP.

Jorge Lorenzo sepakat merapat ke Repsol Honda. (Jorge Lorenzo sepakat merapat ke Repsol Honda. (REUTERS/Alessandro Bianchi)
3. Jorge Lorenzo jadi pebalap Spanyol pertama yang mampu memenangi tiga gelar juara dunia MotoGP. Namun rekor itu kemudian dilewati Marc Marquez pada MotoGP 2017. Kini Marquez jadi satu-satunya pebalap Spanyol yang memenangi empat gelar juara dunia MotoGP.

4. Marc Marquez memegang rekor kemenangan terbanyak di kelas premier dalam satu musim lewat 13 kemenangan seri yang ia dapat di MotoGP 2014. Sedangkan catatan kemenangan terbanyak Jorge Lorenzo adalah sembilan kemenangan saat ia jadi juara dunia MotoGP 2010.

6 Perbedaan Marquez dan Lorenzo di MotoGP
5. Namun saat juara dunia MotoGP 2010, Jorge Lorenzo punya selisih 138 poin dengan peringkat kedua, jarak terbesar di MotoGP dalam 13 musim terakhir. Sedangkan jarak terbesar Marc Marquez ketika juara dunia adalah 67 poin pada 2014.

6. Persaingan ketat antara Marc Marquez dan Jorge Lorenzo pernah terjadi di MotoGP 2013. Saat itu Lorenzo meraih poin sempurna, 75 poin, di tiga seri terakhir dalam upaya mengejar Marquez. Namun Baby Alien tetap selamat mengakhiri musim dengan status juara lewat keunggulan empat poin di akhir musim. (bac)


BACA JUGA