Kemenpora Sosialisasikan Asian Games Selama Arus Mudik

Jun Mahares, CNN Indonesia | Sabtu, 09/06/2018 01:01 WIB
Kemenpora Sosialisasikan Asian Games Selama Arus Mudik Kemenpora berencana melakukan sosialisasi hingga memasukan doa di salat Ied. (Dok.Kemenpora)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenpora bakal menggencarkan sosialisasi Asian Games 2018 usai bulan Ramadan, khususnya pada arus mudik Lebaran 2018.

Asian Games 2018 rencananya akan dibuka pada 18 Agustus mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam pesta olahraga terbesar di Asia edisi ke-18 itu.

"Menpora bersilahturahmi dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia pada Jumat (8/6), untuk kepentingan meminta doa sukses Asian Games dan juga menyerukan secara bersama-sama kepada para khatib agar menyisipkan doa sukses Asian Games pada Salat Id nanti. Insya Allah akan diaminkan seluruh jamaah," kata Deputi II Kemenpora Asrorun Ni'am di Kemenpora pada Jumat (8/6).


Selain itu, Asrorun mengabarkan Kemenpora juga akan mendirikan posko di jalur mudik Lebaran 2018. Posko tersebut juga akan dimanfaatkan untuk mensosialisasikan Asian Games 2018.

Menpora Imam Nahrawi mengundang blogger untuk menyosialisasikan Asian Games 2018.Menpora Imam Nahrawi mengundang blogger untuk menyosialisasikan Asian Games 2018. (Dok. Kemenpora)
"Ya, secara khusus nanti saya akan komunikasikan. Minimal spanduk sukses Asian Games. Dan pendekatan sosialisasi berbasis agama ini juga menjadi salah satu pilihan media sosialisasi yang dilaksanakan Kemenpora," ucap Asroroun.

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta agar demam Asian Games 2018 dapat terasa di tengah masyarakat. Ia mengatakan sudah seharusnya masyarakat antusias menyambut perhelatan olahraga empat tahun sekali ini.

Kemenpora Gencar Sosialisasikan Asian Games Hingga Salat Ied
"Ini perhelatan yang sangat besar dan diinginkan, sekarang ini mestinya masyarakat sudah demam. Ini baru hangat, belum panas apalagi demam," ujar Jokowi saat mengumpulkan sejumlah seniman, pemusik, atlet, Youtuber, influencer, serta pemain film di Istana Negara pada Selasa (5/6).

"Caranya silakan, saya tidak mengerti yang penting demam saja," ujarnya menambahkan.

Tahun ini adalah kali kedua Indonesia berperan sebagai tuan rumah Asian Games sejak 1962. Sebanyak kurang lebih 15 ribu relawan dikerahkan untuk membantu perhelatan ajang tersebut.

Pada Asian Games edisi sebelumnya di Korea Selatan, Kontingen Indonesia berhasil meraih total dua puluh medali dengan rincian empat medali emas, lima medali perak, dan 11 medali perunggu. Pencapaian tersebut menempatkan Indonesia di urutan ke-17 dalam klasemen raihan medali. (sry)