Buffon, Salah Satu Pemain yang Tampil di Lima Piala Dunia

arby | CNN Indonesia
Sabtu, 09 Jun 2018 16:24 WIB
Mantan penjaga gawang Timnas Italia, Gianluigi Buffon, merupakan salah satu dari tiga pemain yang pernah lima kali tampil di Piala Dunia berbeda. Gianluigi Buffon membela Timnas Italia sebanyak 176 kali. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan penjaga gawang Timnas Italia, Gianluigi Buffon, merupakan salah satu dari tiga pemain yang pernah lima kali tampil di Piala Dunia berbeda.

Selain Buffon, dua pemain lainnya yakni Antonio Carbajal (Meksiko), Lothar Matthaus (Jerman). Ketiga pemain ini merupakan pemegang rekor pemain yang paling banyak tampil di putaran final Piala Dunia.

Kiper yang pernah berkostum Parma dan Juventus itu pertama kali tampil pada Piala Dunia 1998 di Perancis. Saat itu, dia terpilih menjadi salah satu anggota skuat Italia asuhan Cesare Maldini.


Namun hingga Italia mencapai babak delapan besar Piala Dunia 1998, Buffon yang masih berusia 20 tahun ini tidak diturunkan. Gli Azzuri gugur dalam perempat final usai kalah dari tuan rumah lewat adu penalti dengan skor 3-4 setelah bermain imbang tanpa gol di hadapan 77 ribu penonton Stade de France, Saint-Denis, pada 3 Juli 1998.

Gianluigi Buffon gagal meloloskan Timnas Italia ke Piala Dunia 2018.Gianluigi Buffon gagal meloloskan Timnas Italia ke Piala Dunia 2018. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Empat tahun kemudian, Buffon menjalani debut di Timnas Italia asuhan Giovanni Trapattoni pada Piala Dunia Korea Selatan-Jepang 2002. Ia berhasil mencatat clean-sheet atas kemenangan 2-0 timnya dalam laga perdana lawan Ekuador dalam penyisihan Grup G di hadapan kurang lebih 31 ribu penonton Sapporo Dome pada 3 Juni 2002.

Buffon, Salah Satu Pemain yang Tampil di Lima Piala Dunia
Di Piala Dunia 2002, Italia kembali terhenti langkahnya dari tim tuan rumah Korea Selatan dalam babak 16 besar. Mereka kalah dengan skor 1-2 di Daejeon World Cup Stadium pada 18 Juni 2002.

Buffon akhirnya sukses meraih gelar juara Piala Dunia pertama pada 2006. Timnas Italia menang atas Prancis lewat drama adu penalti dengan skor 5-3 setelah bertanding imbang 1-1 di depan 69 ribu penonton Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada 9 Juli 2006.

Empat tahun berselang gelar tersebut gagal Buffon pertahankan pada Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Timnas Italia gagal lolos babak penyisihan Grup F lantaran terpuruk di dasar klasemen.

Piala Dunia Brasil 2014 menjadi yang terakhir bagi Buffon. Timnas Italia lagi-lagi gagal lolos babak penyisihan Grup D karena berada di peringkat ketiga klasemen. (nva/nva)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER