Joan Mir Resmi Gabung Suzuki di MotoGP 2019

Jun Mahares, CNN Indonesia | Senin, 11/06/2018 20:13 WIB
Joan Mir Resmi Gabung Suzuki di MotoGP 2019 Joan Mir resmi gabung Suzuki pada MotoGP 2019. (AFP PHOTO/JEAN-FRANCOIS MONIER)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang Moto2 Joan Mir resmi direkrut Suzuki untuk tampil di MotoGP 2019. Pebalap 20 tahun itu diproyeksikan menggantikan posisi Andrea Iannone yang memutuskan hengkang ke Aprilia.

Mir menjalani debutnya di Moto3 pada 2016 dan langsung melesat sebagai juara pada musim 2017.

Pebalap asal Spanyol tersebut kini tampil di Moto2 dan digadang sebagai suksesor duo pebalap legendaris dunia, Valentino Rossi dan Marc Marquez.


Suzuki mengikat Mir dengan kontrak berdurasi dua tahun untuk mendampingi Alex Rins menyusul kepergian Iannone yang hijrah ke Aprilia pada musim depan.

Andrea Iannone pindah ke Asprilla pada MotoGP 2019.Andrea Iannone pindah ke Aprilia pada MotoGP 2019. (REUTERS/Alessandro Bianchi)
"Joan Mir masih berusia 20 tahun saat ini. Namun, dia telah menjadi juara dunia dengan 10 kemenangan mengesankan tahun lalu. Dia telah menunjukkan skill yang mumpuni," kata direktur tim Suzuki, Davide Brivio.

"Dia garang, cerdas, pemuda yang baik dan bisa sangat cepat. Semua karakteristik yang kami cari dalam pengendara muda yang ingin bergabung dengan kami. Tidak hanya untuk prestise mesin pabrik di kelas atas tetapi percaya dengan proyek kami ke depan," kata Brivio.

"Setelah berbicara dengan Mir, saya menyadari dia memiliki pikiran yang jernih, menyukai proyek Suzuki dan ingin bergabung dengan kami. Ini merupakan dorongan besar bagi kami," ujar Brivio.

Suzuki Resmi Rekrut Joan Mir di MotoGP 2019
Suzuki memang dikenal gemar mempromosikan pebalap muda berbakat. Setelah mempromosikan Maverick Vinales (2015), Suzuki juga berani mempercayai Alex Rins pada 2017. (har)