Prediksi Juara Grup F Piala Dunia 2018

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 06:00 WIB
Prediksi Juara Grup F Piala Dunia 2018 Timnas Jerman merupakan favorit kuat untuk jadi juara grup F Piala Dunia 2018. (REUTERS/Lisi Niesner)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grup F Piala Dunia 2018 berisikan Jerman, Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan. Berikut prediksi juara grup F Piala Dunia 2018.

Timnas Jerman yang merupakan juara bertahan Piala Dunia ada di grup F bersama Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan. Menilik lawan-lawan yang ada, Jerman kembali layak dijagokan untuk mengakhiri babak penyisihan dengan status sebagai juara grup.

Jerman selalu punya catatan bagus di ajang Piala Dunia. Sejak Piala Dunia 1990, Jerman selalu mampu mengakhiri babak penyisihan dengan status sebagai juara grup. Tradisi itu yang kemungkinan besar akan kembali berlanjut di Rusia.


Manuel Neuer tetap dipercaya sebagai pilihan utama timnas Jerman meskipun mengalami cedera panjang musim ini.Manuel Neuer tetap dipercaya sebagai pilihan utama timnas Jerman meskipun mengalami cedera panjang musim ini. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)
'Der Panzer' punya skuat komplet dari lini belakang hingga depan, bahkan mereka harus meninggalkan sejumlah pemain kategori bintang lantaran banyaknya pemain hebat di generasi Jerman saat ini.

Usia pemain-pemain Jerman tengah berada dalam usia emas seperti Mesut Oezil (29), Marco Reus (29), Toni Kroos (28), Thomas Mueller (28), dan Jerome Boateng (29) bakal jadi tumpuan utama timnas Jerman. Mereka bakal disokong darah muda macam Joshua Kimmich, Antonio Ruediger, dan Julian Draxler.

Timnas Swedia berhasil menyingkirkan Belanda dan Italia dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2018.Timnas Swedia berhasil menyingkirkan Belanda dan Italia dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2018. (Foto: TT News Agency/Bjorn Larsson Rosvall via REUTERS)
Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan bakal memberikan ujian yang lumayan berat bagi timnas Jerman namun Manuel Neuer dan kawan-kawan diyakini bisa melewati adangan tiga negara tersebut.
Timnas Korea Selatan bakal bersaing dengan Swedia dan Meksiko untuk memperebutkan status runner up grup F.Timnas Korea Selatan bakal bersaing dengan Swedia dan Meksiko untuk memperebutkan status runner up grup F. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)
Dengan Jerman berhasil lolos sebagai juara grup, predikat runner up grup F bakal diperebutkan Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Meksiko punya Javier 'Chicharito' Hernandez, Giovani dos Santos, dan Guillermo Ochoa, Korea Selatan bakal mengandalkan Son Heung-min, sedangkan Swedia memiliki Victor Lindelof, John Guidetti, dan Marcus Berg.

Javier Hernandez saat berduel lawan Manuel Neuer di Piala Konfederasi 2017.Javier Hernandez saat berduel lawan Manuel Neuer di Piala Konfederasi 2017. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)
Baik Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko sama-sama memiliki catatan kurang bagus jelang Piala Dunia 2018 kali ini. Swedia hanya meraih satu kemenangan dalam enam laga di 2018, Korea Selatan hanya merebut tiga kemenangan dari sembilan laga di 2018, sedangkan Meksiko meraih tiga kemenangan dalam enam laga uji coba di 2018.

Meksiko punya catatan lumayan bagus di babak penyisihan grup Piala Dunia karena selalu lolos ke babak 16 besar sejak Piala Dunia 1994. Namun menilik performa Swedia di babak kualifikasi Eropa, rasanya Swedia jadi tim yang paling layak menemani Jerman menuju babak 16 besar. Permainan kolektif Swedia terbukti mampu membuat Belanda dan Italia gagal lolos ke Rusia. (har)